Surabaya (ANTARA News) - PT Pertamina Pemasaran dan Niaga Region V tetap mengamankan penyaluran BBM ke masyarakat pada saat Pemilu 2009 dan liburan panjang pada 10 hingga 12 April 2009.

"Pertamina tetap mengamankan penyaluran BBM ke masyarakat. Perlu diketahui bahwa saat ini stok untuk semua produk baik BBM, elpiji, avtur, dan pelumas dalam kondisi aman," ujar Asisten Manajer External Relations PT Pertamina Pemasaran dan Niaga Region V, Eviyanti Rofraida di Surabaya, Rabu.

Eviyanti mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah dalam menyongsong hari-hari tersebut.

"Kami mengoptimalkan tim satgas guna memantau persediaan dan penjualan BBM di SPBU serta memantau kondisi penyaluran BBM di lapangan. Satgas beroperasi setiap hari termasuk hari libur pada pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB dari tanggal 16 Maret hingga 16 April 2009," katanya.

Untuk menjamin ketersediaan BBM di SPBU, ujar dia, Pertamina telah bekerja sama dengan Bank Persepsi (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA) untuk tetap buka dan melayani penebusan "delivery order" oleh pengusaha SPBU pada tanggal 10 hingga 11 April 2009.

Disamping berkoordinasi dengan bank, ujar dia, Pertamina meminta pengelola SPBU agar memiliki stok yang cukup, mengatur jadwal shift agar operator dapat menggunakan hak suaranya serta siap menerima pengiriman BBM pada waktu pagi atau malam hari.

"Apabila diperlukan, Pertamina akan memberi fasilitas kredit pada tanggal 9 hingga 10 April 2009 bagi SPBU untuk dapat menebus BBM agar stok tersedia dalam jumlah yang cukup," katanya.

Untuk memberi kesempatan bagi mitra dan partner kerja di sektor minyak tanah menggunakan hak pilih, ujar dia, maka Pertamina menggeser hari libur mingguan penyaluran minyak tanah dari yang biasanya hari Jumat menjadi hari Kamis.

"Sehingga penyaluran minyak tanah akan libur pada hari Kamis 9 April 2009 dan menyelurkan kembali hari Jumat 10 April 2009," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009