Jakarta (ANTARA News) - Sektor tunggal putri menyiapkan Linda Wenifanetri sebagai cadangan dalam tim Piala Sudirman karena dua pemain utama Maria Kristin dan Adriyanti Firdasari dalam kondisi kurang fit.

"Dia akan menjadi back up andaikan Maria dan Firda tidak bisa main sama sekali," ujar pelatih tunggal putri Marleve Mainaky saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu.

Marleve mengatakan, Linda terpilih setelah memenangi kompetisi yang digelar selama dua hari melawan dua rekannya, Aprilia Yuswandari dan Rizki Amalia.

Menurut dia, Linda yang pernah memperkuat tim Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Junior 2008, lebih stabil dan konsisten serta mempunyai mental yang cukup baik.

Selain bermain dalam Kejuaraan Dunia Junior, Linda pernah juga membela Indonesia dalam Women Islamic Games 2005 di Iran dan kejuaraan ASEAN School 2006 di Brunei Darussalam.

Linda didaftarkan masuk tim Sudirman menyusul belum pulihnya kesehatan dua pemain tunggal putri utama pelatnas, Maria dan Firda.

Maria masih belum sepenuhnya pulih dari cedera lutut kanan yang membuatnya absen pada dua turnamen Super Series Eropa, All England dan Swiss Terbuka. Sedangkan Firda masih dalam pemulihan dari sakit tifus yang menyerangnya sepulang mengikuti turnamen di Eropa.

"Saat ini Firda masih dalam pemulihan, sedangkan Maria tinggal memelihara kondisinya saja," tambah Marleve.

Untuk mengikuti Piala Sudirman, kejuaraan dunia beregu campuran yang akan digelar di Guangzhou, China, 10-17 Mei, PB PBSI telah menyiapkan 20 pemain yang terdiri atas 12 putra dan delapan putri.

Separuh di antaranya adalah pemain yang baru pertamakali memperkuat tim Sudirman.

Indonesia merebut piala tersebut saat pertama kali digelar pada 1989 di Jakarta dan enam kali kalah di final, termasuk pada dua edisi terakhir, saat kalah 0-3 dari China berturut-turut di Beijing 2005 dan Glasgow 2007.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009