Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Jusuf Kalla mengatakan pihaknya akan menaati semua aturan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk soal besaran sumbangan dana kampanye.

"Tentu bagi kita (Partai Golkar), karena pemilu diselenggarakan oleh lembaga independen, tentu semua aturan KPU akan kita taati," kata Jusuf Kalla di Bandara Adi Sumarno Surakarta, Sabtu, sebelum terbang kembali ke Jakarta.

Kalla berada di Surakarta Jawa Tengah selaku Ketua Umum DPP Partai Golkar untuk melakukan kampanye terbuka di Kabupaten Sukoharjo dan Karang Anyar.

Pernyataan Jusuf Kalla tersebut diungkapkan menjawab pertanyaan soal keluarnya Surat Edaran KPU mengenai sumbangan dana kampanye maupun toleransi penggunaan surat suara rusak.

Mengenai kedua surat edaran KPU tersebut, Jusuf Kalla mengaku belum membacanya secara rinci dan baru membaca melalui pemberitaan media massa. Karena itu ia tidak mau memberikan komentar.

Namun ketika ditanya apakah keluarnya surat edaran soal besaran sumbangan dana kampanye ke parpol merupakan "pesanan" parpol besar, Jusuf Kalla menepis dugaan itu.

Kalla menegaskan bahwa KPU sebagai penyelenggara pemilu merupakan lembaga independen. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009