Yogyakarta (ANTARA News) - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-63 Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis malam dihadiri ratusan orang yang memadati Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ratusan orang yang datang dari seluruh penjuru wilayah DIY dan sekitarnya itu ingin mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Peringatan HUT tersebut diawali dengan tiup lilin berangka 63 di atas kue ulang tahun oleh Sultan didampingi 33 mahasiswa dari 33 provinsi di Indonesia yang menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di DIY.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Sultan. Potongan-potongan kue kemudian diserahkan kepada keluarga, wakil mahasiswa, dan wakil dari tiga panti asuhan di DIY.

Selanjutnya Sultan menyerahkan tanda kasih kepada tiga panti asuhan yakni Panti Asuhan Umar bin Khatab Prambanan Sleman, Panti Asuhan Bakti Kencana Berbah Sleman, dan Panti Asuhan Sayap Ibu Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Sultan mengatakan sangat "surprise" dengan acara peringatan ulang tahun yang dirancang dan diselenggarakan anak dan istri, karena sebelumnya tidak diberitahu tentang bentuk acaranya.

"Sebelumnya saya tidak boleh mengetahui acara yang akan diadakan, ternyata acaranya begitu meriah dan saya sangat `surprise`. Saya berterima kasih kepada anak-anak dan istri yang telah menyiapkan acara secara bersama dan rukun," katanya.

Menurut dia, baru kali ini peringatan ulang tahunnya dihadiri ratusan orang yang datang dari berbagai penjuru DIY dan sekitarnya.

"Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah hadir. Saya juga hanya bisa mohon doa restu kepada anak, istri dan warga, karena saya orang sederhana yang mempunyai kewajiban sebagai Sultan sampai mati mengabdi kepada rakyat," katanya.

"Pengabdian itu juga untuk bangsa dan negara, bukan orang per orang. Oleh karena itu, saya tampil bersahaja bersama warga agar bisa membangun komunikasi, serta tampil lugas tetapi teguh dalam prinsip," katanya.

Sultan mengatakan, hanya itu yang bisa dilakukan, dan dirinya mohon doa restu agar bisa tetap mengabdi untuk bangsa dan negara yang ia cintai.

Peringatan HUT ke-63 Sultan HB X juga dimeriahkan dengan hiburan pentas wayang rumput oleh dalang Ki Slamet Gundono, tarian oleh Didik Nini Thowok, serta nyanyian dari Ebiet G Ade serta Franky Sahilatua.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009