Jakarta (ANTARA) -

Italia berada di episentrum pandemi dan pemerintahnya telah memulai perluasan besar jumlah tempat perawatan intensif, banyak di antaranya akan membutuhkan ventilator untuk menjaga pasien tetap hidup dengan mengambil alih fungsi pernapasan.

Dilaporkan Reuters, Jumat, Siare Engineering sedang dalam pembicaraan dengan Fiat Chrysler, Ferrari, dan pembuat suku cadang Italia Marelli untuk membuat beberapa bagian, dan mungkin juga akan membantu perakitan ventilator.

Gianluca Preziosa, kepala eksekutif Siare, mengatakan kedua industri berbagi keahlian, dengan bisnis ventilator dan mobil sangat bergantung pada elektronik dan juga pneumatik.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, anggota tim Ferrari isolasi diri

Baca juga: Ferrari tutup pabrik dua pekan, karyawan tetap digaji penuh

"Kami sedang berbicara dengan Fiat Chrysler, Ferrari dan Marelli untuk mencoba memahami jika mereka dapat membantu kami dalam proses ini untuk bagian elektronik," katanya kepada Reuters.

Lebih lanjut, Preziosa mengatakan Roma telah meminta Siare untuk meningkatkan produksi ventilator bulanan dari 160 menjadi 500 unit menyusul masifnya penyebaran wabah di Italia.

Seorang juru bicara untuk Exor, induk dari FCA dan Ferrari, mengatakan bahwa pertemuan dengan Siare telah berlangsung pada hari Kamis (19/3) untuk mempelajari kelayakan ide tersebut. Keputusan selanjutnya diperkirakan akan muncul dalam waktu dekat.

Dia mengatakan bahwa dua opsi utama sedang dipertimbangkan, baik untuk membantu Siare merekayasa peningkatan kapasitas di pabriknya, dengan dukungan teknisi yang disediakan oleh Fiat dan Ferrari, atau mengalihdayakan produksi bagian-bagian ventilator ke fasilitas pembuat mobil.

Baca juga: Ferrari tidak mau bikin super car khusus wanita, ini alasannya

Baca juga: Ferrari luncurkan mobil F1 baru SF1000 dengan sentuhan teatrikal

Baca juga: Ferrari terjun ke segmen hybrid lewat Roma sports coupe

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020