Kami meracik sendiri cairan pembersih tangan yang akan dibagikan secara cuma-cuma ke berbagai kalangan masyarakat
Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat meracik cairan pembersih tangan atau hand sanitizer yang akan dibagikan ke berbagai kalangan di Cianjur untuk memudahkan warga mendapatkan cairan pembersih tangan yang mulai langka dan mahal.

"Kami meracik sendiri cairan pembersih tangan yang akan dibagikan secara cuma-cuma ke berbagai kalangan masyarakat, fungsinya untuk mengantisipasi warga terpapar COVID-19," kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto kepada wartawan, Kamis.
Baca juga: Litbang Kemenperin produksi cairan pembersih tangan 500 liter/hari

Ia menjelaskan, berbagai program dilakukan pihaknya membantu pemerintah dalam pencegahan COVID-19 dan langsung dirasakan warga. Bahkan dirinya ikut serta meracik cairan pembersih tangan ala tim Polres Cianjur itu.

"Ini kami lakukan untuk menciptakan rasa tenang bagi warga Cianjur terkait kebutuhan cairan pembersih tangan guna menghindari terpapar virus. Bagi yang membutuhkan silahkan hubungi Polres Cianjur," katanya lagi.

Sebelum membuat cairan pembersih tangan, Polres Cianjur mendirikan posko siaga COVID-19 dan menyiagakan Corona Response Team (CRT) yang bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Cairan pembersih tangan buatan Polres Cianjur menggunakan bahan dasar alkohol dan bahan-bahan herbal, karena dinilai dapat membunuh berbagai macam virus yang menempel di tangan.

"Kami tetap menganjurkan warga untuk menerapkan pola hidup sehat di lingkungan rumah dan lingkungan sekitar. Lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan cairan pembersih digunakan pada saat tertentu ketika tidak ada air dan sabun," katanya pula.
Baca juga: Dinkes Padang paparkan salah kaprah pemakaian cairan pembersih tangan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020