Terpaksa kita tunda MTQ Sultra di Andoolo mengingat siaga darurat COVID-19 akan berlangsung hingga  29 Mei nanti
Kendari (ANTARA) - Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Sulawesi Tenggara yang dijadwalkan 14 April 2020 di Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan ditunda mengantisipasi pandemi virus COVID-19.

Gubernur Sultra Ali Mazi di Kendari, Rabu mengatakan bahwa pihaknya memberlakukan siaga pencegahan COVID-19 yang berlangsung hingga 29 Mei 2020.

"Terpaksa kita tunda MTQ Sultra di Andoolo mengingat siaga darurat COVID-19 akan berlangsung hingga  29 Mei nanti. Keadaan saat ini memrihatinkan dan mari sama-sama berdoa semoga wabah COVID-19 segera berlalu," katanya.

Gubernur mengharapkan penundaan ajang religius tersebut dapat dipahami semua pihak karena bukan kesengajaan tetapi musibah yang tidak disangka-sangka.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga memaklumi penundaan MTQ tersebut karena wabah penyakit yang mengancam umat manusia.

"Konawe Selatan selaku tuan rumah sudah mempersiapkan sarana MTQ tingkat Sultra semaksimal mungkin menyambut jadwal semula 14 April 2020," kata Surunuddin.

Namun demikian, penundaan MTQ tidak merugikan pihak penyelenggara, bahkan dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan kesiapan pelaksanaan.

Bupati Kolaka Ahmad Safei menerima penundaan MTQ dari 14 April 2020 hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

"Peserta sudah disiapkan tetapi penundaan waktu pelaksanaan akan dimanfaatkan untuk memantapkan para kafilah," katanya.

Baca juga: Kemenag orientasi 60 calon hakim MTQ/STQ Sultra

Baca juga: Konawe-Kolaka Utara, dua terbanyak pemantauan COVID-19 di Sultra

Baca juga: Kehabisan masker, RSUD Bahteramas Kendari batalkan jadwal operasi

Baca juga: Cegah virus corona, Dinkes Konawe tempatkan petugas di klinik tambang

Pewarta: Sarjono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020