Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo melakukan silaturahmi politik ke Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) di kantor Dewan Pimpinan Pusat PBB di Jl Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Hadi Utomo yang didampingi Sekjen Partai Demokrat serta Ketua Bidang Politik Partai Demokrat Anas Urbaningrum tersebut, di Jakarta, Kamis malam diterima Ketua Umum PBB MS Kaban, Sekjen PBB Hamdan Zoelva serta beberapa calon legislatif dari partai tersebut.

Dalam penjelasannya Ketua Umum PBB MS Kaban menyatakan kegiatan tersebut untuk melanjutkan silaturahmi politik kedua partai yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Menurut Kaban yang juga Menteri Kehutanan itu ketika menghadapi pemilu perlu menjelaskan kesepakatan-kesepakatan dalam rangka mengamankan pesta demokrasi.

"Karena demokrasi kita begitu cair maka partai politik memiliki kekuatan yang berimbang sehingga diperlukan satu kesamaan visi membangun demokrasi dan parlemen yang solid dan kuat untuk mendukung pemerintah," katanya.

Sementara itu Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo menyatakan, kunjungannya ke PBB tersebut untuk membangun komunikasi antar elit politik dalam rangka memenuhi pelaksanaan kampanye damai.

"Elit politik di atas kalau terjalin hubungan dengan baik jika terjadi gesekan di lapangan maka bisa diselesaikan dengan baik," katanya.

Disinggung mengenai koalisi Partai Demokrat dan PBB, Hadi Utomo mengatakan dalam pertemuan kedua partai itu belum membahas tentang koalisi.

Menurut dia, pembahasan mengenai koalisi baru akan dilakukan setelah pemilu legislatif yang akan berlangsung pada 9 April 2009.

"Setelah pemilu nanti masing-masing partai sudah mengetahui kekuatannya," katanya.

Dia menegaskan, meskipun nantinya mendapat suara banyak Partai Demokrat tetap akan berkoalisi dengan partai mana saja, apalagi jika perolehan suara dalam pemilu nanti kecil.

Menurut Kaban, sebenarnya kedua partai tersebut sejak awal sudah bersama-sama menjalin hubungan koalisi yakni selama 2004-2009 atau pada periode pemerintahan SBY-JK.

"Sekarang dilanjutkan hubungan kerjasama yang sudah terbangun. Perjalanan selama 2004-2009 akan dijadikan pelajaran untuk membangun kemitraan yang lebih solid dan kuat ke depan," katanya.

Meskipun pembahasan mengenai koalisi Partai Demokrat dan PBB baru akan ditindaklanjuti setelah pemilu legislatif mendatang namun Kaban menyatakan, sebelum pemilu bisa dilakukan penyusunan gari-garis besar kerjasama antar parpol tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009