Jakarta (ANTARA News) - Kendati dampak krisis ekonomi mulai terasa pada perlambatan perekonomian nasional, produsen mobil mewah dari Jepang, Lexus, masih percaya pada pasar Indonesia dengan meluncurkan "Sport Utilities Vehicle" (SUV) Crossover, All New RX350, yang harganya mencapai Rp1,1 miliar.

"Kami percaya pasar Indonesia masih potensial (untuk kendaraan mewah)," ujar Chief Egineering Lexus RX, Takayuki Katsuda, pada peluncuran kendaraan tersebut di Jakarta, Rabu.

Dijelaskannya, SUV Lexus terus mengalami pengembangan baik performa mesin, interior, maupun eksterior. Kendati RX350 merupakan kendaraan SUV, namun kesenyapan kabin sekelas sedan mewah dengan vibrasi yang rendah. Kendaraan itu juga dilengkapi 10 airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

"Di Amerika Serikat, sebagian besar konsumen Lexus RX tersebut adalah perempuan," ujar Katsuda yang datang khusus dari Jepang untuk memperkenalkan kendaraan yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada Januari 2009 itu.

Kepercayaan Lexus di Jepang untuk memasarkan kendaraan mewah terbaru tersebut di Indonesia, menurut Indonesia Lexus Principal, Johnny Darmawan, tidak lepas dari pencapaian penjualan mobil itu di negeri ini.

"Sejak pertama kali dibuka Lexus Gallery akhir 2007 lalu yang menandai pemasaran Lexus secara resmi di Indonesia, pada 2008 total penjualan Lexus (baik sedan maupun SUV) mencapai 241 unit yang menjadikan Lexus sebagai merek mobil mewah ke-3 yang menguasai pasar mobil mewah di Indonesia," ujar Johnny.

Selain itu, lanjut dia, penjualan Lexus di Indonesia juga menyamai penjualan di negara-negara lain di Asia yang lebih dahulu memperkenalkan kendaraan tersebut, seperti Thailanda dan Brunei.

"Banyak orang kaya `terpendam` di Indonesia. Konsumen super kaya tersebut memiliki selera dan kemampuan membeli yang besar, mereka merupakan kolektor yang membeli mobil bukan untuk dijual kembali," ujar Johnny yang tetap optimistis mampu menjual Lexus minimal sekitar 100 unit pada 2009, kendati pasar mobil di Indonesia diperkirakan anjlok sekitar 30 persen tahun ini.

Tahun lalu, kata dia, penjualan Lexus -- yang mencapai 241 unit -- didominasi jenis sedan (LS460) yang harganya mencapai sekitar dua miliar rupiah, dan sekitar 90an unit jenis SUV (seri LX) yang harganya juga di atas satu miliar rupiah.

Tahun ini ia dengan peluncuran Lexus RX350, kata dia, setidaknya mampu mempertahankan nama Lexus di jajaran kendaraan mewah di Indonesia yang sudah didominasi kendaraan asal Eropa, seperti Mercedez Benz dan BMW.

Lexus merupakan merek untuk kendaraan mewah yang diproduksi Toyota Motor Corporation (TMC). Pada awalnya yaitu tahun 1998 merek Lexus hanya dipasarkan di Amerika Serikat. Namun sejak 2003, kendaraan itu mulai diproduksi dan dipasarkan di negara lain termasuk Jepang dan Indonesia (2007).

Sejak itu, permintaan kendaraan itu, kata Johnny, terus meningkat dari 44.618 unit pada 1998 menjadi 108.897 unit pada 2007. Dalam lima tahun terakhir, penjualan tertinggi kendaraan mewah itu dicapai pada 2004 yang menembus angka 137.844 unit. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009