Kuala Lumpur (ANTARA News) - LKBN ANTARA bersama perusahaan data center terkemuka Malaysia, HeiTech Padu Bhd, akan membangun bisnis data center di Indonesia.

Kerjasama antara kantor berita Indonesia dan HeiTech itu ditandangani Jumat di gedung data center HeiTech, Selangor, Malaysia, oleh Dirut LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf dan CEO HeiTech Abdul Halim Md Lassim.

"HeiTech akan investasi tahap pertama sebesar 565.000 dolar AS untuk pembangunan data center di Wisma ANTARA Jakarta. Selain itu, mereka akan juga membangun data center untuk kantor berita ANTARA. Pembangunan dimulai April dan Juli 2009 sudah bisa operasi," kata Mukhlis yang didampingi oleh Direktur Pemasaran dan Teknik, Rully Charmeianto Iswachyudi.

Pada tahap kedua, HeiTech juga akan membangun data center di kawasan industri Jababeka Bekasi dengan nilai investasi 5 juta dolar AS.

"Kebutuhan data center LKBN ANTARA semakin penting untuk menopang pengembangan bisnis informasi berbasis IT sejalan dengan perencanaan bisnis ANTARA sebagai kantor berita berkelas dunia pada 2012 nanti. Oleh karena itu, kami menggandeng HeiTech sebuah perusahaan data center terkemuka di Malaysia," kata  Dirut ANTARA.

Kerjasama dengan HeiTech itu juga akan menopang bisnis IT ANTARA yang sudah digeluti selama 10 tahun terakhir ini, kata Rully.

"Berdasarkan rencana strategis ke depan, selain kuat di bisnis inti  yakni melayani 300 media massa, LKBN ANTARA telah menetapkan strategi ritel baik dalam penyediaan media content, juga masuk ke layanan ritel berbagai jasa komunikasi pemasaran dan aplikasi IT," tambah dia.

Menurut Mukhlis Yusuf, ke depan pendapatan bisnis LKBN ANTARA akan ditopang oleh pendapatan layanan media content dan komersial IT dengan tujuan menjadi kantor berita yang mandiri secara finansial seperti kantor berita transnasional lainnya.

Sementara CEO HeiTech Abdul Halim Md Lassim mengatakan, kerjasama dengan LKBN ANTARA adalah sebagai langkah maju bagi perusahaannya.

"Ini sejalan dengan pengembangan bisnis kami di dunia internasional. Kami percaya kerjasama dengan ANTARA ini akan mampu melakukan penetrasi kami ke bisnis data center di Indonesia," katanya.

"Kami berharap kemitraan dengan LKBN ANTARA bisa menjadi kemitraan jangka panjang," kata Abdul Halim.HeiTech mengelola data center instansi besar Malaysia di antaranya PNB, Imigrasi Malaysia dan JPJ (Jabatan Pengangkutan Jalan), Pos Malaysia, perbankan dan perusahaan asuransi di Malaysia.

Ada tiga bisnis yang akan dikembangkan dari kerjasama Antara dengan HeiTech di Indonesia yakni pertama business recovery management services (BRMS). Kedua, Data Center Management (DCM) dan ketiga Internet Data Center Services (IDCS).(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009