Jakarta (ANTARA News) - PT Indosat Tbk. mengklaim pihaknya tetap merupakan "market leader" atau pemimpin pasar layanan blackberry yang saat ini tumbuh dengan pesat.

"Indosat tetap menjadi pemimpin pasar pada layanan blackberry yang tumbuh dengan pesat saat ini," kata Direktur Marketing Indosat, Guntur S. Siboro, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, agak sulit untuk menentukan pangsa pasar blackberry secara riil karena tidak diketahui secara pasti angka pertumbuhan pasar blackberry para kompetitor.

Menurut dia, pertumbuhan pasar blackberry Indosat sangat besar karena fasilitas kemudahan aktivasi yang dapat dilakukan melalui layanan pesan singkat (SMS).

"Kalau beberapa waktu lalu hampir 95 persen pasar blackberry adalah korporate saat ini sudah 75 persen pelanggan ritel karena dapat diaktivasi melalui SMS," katanya.

Pihaknya mencatat hingga akhir tahun 2008 pelanggan blackberry Indosat telah mencapai 45 ribu.

"Tetapi sebenarnya agak sulit untuk menentukan angka pelanggan karena kuota blackberry dapat dilakukan secara prabayar baik mingguan hingga bulanan," katanya.

Namun, ia menekankan bahwa pihaknya sangat yakin Indosat tetap memimpin pasar blackberry sampai sejauh ini.

Indosat menetapkan bahwa blackberry termasuk dalam revenue seluler bagi pelanggan yang memerlukan wireless data akses dengan kecepatan tinggi.

Saat ini layanan blackberry berupa push email dapat diaktifkan dengan mudah secara prabayar melalui SMS. Dengan layanan tersebut, pelanggan Indosat dapat menikmati fitur-fitur seperti push email (yahoo, gmail, maupun email yang mendukung POP3 atau IMAP). Selain itu pelanggan dapat mengecek attachment, internet browsing, chatting, dan aplikasi lainnya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009