TOKYO, 26 Februari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Mulai Februari, Yomiuri Shimbun, penerbit suratkabar terbesar di Jepang, akan menawarkan jasa pusat data online baru bernama "Yomidas Rekishikan" (Paviliun Sejarah).     

     Pusat data komersil ini, yang pertama di Jepang, memberi penggunanya informasi mendalam tentang Jepang melalui akses ke lebih dari 10 juta artikel yang disiarkan oleh Yomiuri Shimbun dalam kurun waktu 135 tahun terakhir. Berita-beritanya dapat diakses dari edisi perdana suratkabar tersebut pada 1874 hingga terbitan terakhir.  

     Pusat data ini tersedia dengan biaya langganan tahunan 327.600 yen (termasuk pajak).     

     Langganan terbuka bagi siapa saja yang ingin mengakses artikel Yomiuri Shimbun mulai dari era Meiji, Taisho, Showa dan Heisei sebagai bagian dari penelitian utama mereka mengenai beragam aspek sejarah dan masyarakat Jepang modern dan kontemporer, serta perubahan bahasa Jepang.     

     Kami bangga bahwa "Yomidas Rekishikan" akan menyediakan alat pengumpulan informasi yang kuat bagi kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan perpustakaan umum, dan juga kantor pemerintah, perusahaan serta organisasi lain. 

     Konten utama
     --Foto-foto halaman Yomiuri Shimbun yang dibuat antara 1874 dan 1989
     --Teks artikel Yomiuri Shimbun yang dimuat sejak 1986
     --Teks artikel Daily Yomiuri yang dimuat sejak 1989
     --Pusat data berbahasa Jepang yang menampilkan sekitar 26.000 tokoh kontemporer penting, serta karir dan prestasi mereka
   
http://www.yomiuri.co.jp/rekishikan/english/index.htm
   
     Tentang Yomiuri Shimbun
     Yomiuri Shimbun, salah satu suratkabar bermutu terpopuler di Jepang, akan merayakan hari jadi ke-135 pada 2009 sejak penerbitan edisi perdananya pada 2 November 1874. Lebih lanjut, Yomiuri Shimbun mencapai oplah suratkabar pagi terbesar di Jepang sebanyak 7,2 juta kopi pada 1977 dan sejak itu mempertahankan oplah terbesar di Jepang. Di samping itu, oplah suratkabar pagi tersebut melampaui 10 juta kopi pada 1994 dan hingga saat ini, ketika multimedia tengah banyak digunakan, tetap berdiri kokoh. http://adv.yomiuri.co.jp/m-data/english/index.html
   
     SUMBER: Yomiuri Shimbun
   
     Kontak:
     Shinichi Satoh
     Departemen Pusat Data, Biro Media Digital
     Yomiuri Shimbun
     Tel: +81-3-3216-8513
     Fax: +81-3-3217-8262
     E-mail: yomidas@yomiuri.com
     URL: http://www.yomiuri.co.jp/rekishikan/english/index.htm

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009