Jakarta (ANTARA) - Hyundai bergabung dengan produsen mobil afiliasinya, Kia, dalam penarikan kembali (recall) produk kendaraannya di Amerika Serikat karena masalah yang bisa memicu terjadinya kebakaran pada mesin.

Hyundai pada Rabu (4/3) mengumumkan akan menarik dari peredaran 206.000 Sonata 2013 dan 2014 karena selang yang menghubungkan satu pompa bahan bakar dengan yang lain dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Produsen mobil Korea Selatan itu masih mengembangkan perbaikan. Diharapkan untuk memulai penarikan pada 24 April, menurut laporan Yahoo News.

Penarikan kembali ini merupakan yang terbaru dari sejumlah masalah yang dapat menyebabkan mesin terbakar pada mobil model tertentu buatan Kia dan Hyundai.

Masalah masa lalu telah memicu investigasi oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA). Hyundai mengatakan dalam dokumen yang diajukan kepada pemerintah bahwa pihaknya telah melihat lonjakan klaim kebocoran bahan bakar pada Sonata 2013.

Baca juga: Mitsubishi "recall" tiga model kendaraan sekaligus, ini daftarnya

Baca juga: Kia tarik 228.000 unit Sedona dan Sorento


Bulan lalu Kia mengatakan akan menarik lebih dari 142.000 mobil menengah Optima untuk masalah yang sama, kebocoran selang bahan bakar. Kia mengatakan memiliki delapan laporan kebocoran bahan bakar di Optima.

Sebelumnya, pada Februari, Kia menarik hampir 229.000 SUV Sedona dan Sorento yang lebih tua karena uap air dapat masuk ke komputer kontrol rem ABS, yang menyebabkan korsleting listrik dan kemungkinan kebakaran mesin.

Hyundai menarik hampir 430.000 mobil kecil Elantra lama karena masalah yang sama.

April lalu, NHTSA membuka dua investigasi baru terhadap kebakaran yang melibatkan kendaraan Hyundai dan Kia setelah mendapat pengaduan lebih dari 3.100 kebakaran dan 103 cedera. Agensi tersebut memberikan petisi yang meminta penyelidikan oleh Center for Auto Safety, sebuah organisasi advokasi konsumen.

Kegagalan mesin dan masalah kebakaran pada mobil Hyundai dan Kia telah memengaruhi lebih dari 6 juta kendaraan sejak 2015, menurut dokumen NHTSA.

Sejauh ini, Hyundai dan Kia telah menarik sekitar 2,4 juta kendaraan untuk memperbaiki masalah yang dapat menyebabkan kebakaran dan kegagalan mesin.

Baca juga: Hyundai capai penjualan bulanan terendah karena virus corona

Baca juga: Wabah corona meluas, Hyundai hentikan operasi pabrik di Korsel

Baca juga: Genesis GV80 hadapi "recall" karena masalah perangkat lunak
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020