Banda Aceh (ANTARA News) - Tuan rumah Persiraja mampu meraih nilai penuh setelah mengalahkan tamunya Persikota Tangerang dengan skor 2-1 di pertandingan putaran dua Divisi Utama Liga Esia Indonesia di stadion Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Senin petang.

Dua gol yang diciptakan pada babak kedua tersebut masing-masing dicetak Ferdin Labouki pada menit ke-62 dan Didi Firmansyah pada menit ke-71, sedangkan gol balasan Persikota dicetak Usman Rusmana menit ke-64.

Sementara pada waktu yang sama, di stadion Cot Gapu, Kabupaten Bireuen, Provinsi NAD, tuan rumah kesebelasan PSSB Bireuen bermain imbang melawan Persikabo Bogor 0-0.

Sedangkan tim satu Provinsi NAD lainnya, PSAP Sigli, Kabupaten Pidie berhasil mengalahkan tamunya Persikad Depok 2-0.

Dengan kemenangan itu, posisi Persiraja naik menjadi keurutan enam, sedangkan PSAP naik ke posisi 12, sedangkan PSSB Bireuen bertahan pada urutan 10 klasemen sementara.

Permainan antara Persiraja dan Persikota pada ababak pertama berjalan lambat. Para pemain kedua tim tersebut sangat hati-hati, sehingga sulit mengembangkan permainan terbaiknya.

Namun demikian, anak-anak Persiraja tetap melakukan inisiatif menyerang dengan melakukan umpan-umpan pendek dan panjang melalui rusuk kanan dan kiri.

Ada beberapa peluang yang diciptakan Azhari dan kawan-kawan, tapi gagal menciptakan gol.

Sementara pemain tamu yang dimotori Arif Gunawan dan M. Syahputra Harahap sekali-sekali melakukan serangan balik. Tapi belum juga menciptakan peluang, sehingga pada babak pertama berakhir tidak berubah 0-0.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah tetap melakukan inisitif menyerang. Pelatih Iwan Setiawan terpaksa menarik Leonardo Felicia, dan diganti Emeka Obidah.

Pergantian tersebut sempat terjadi pertengkaran mulut dengan pelatih Iwan, karena pemain asal Brazil itu menolak diganti.

Insiden tersebut tidak berpengaruh dengan permainan. Dimana kedua tim terus saling melakukan serangan.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta pada menit ke-62 melalui titik finalti. Peluang gol tersebut berawal pelanggaran keras yang dilakukan pemain belakang Persikota terhadap Ferdin Labouki, sehingga sawit langsung menunjuk titik putih.

Tendangan 12 pas itu langsung diambil oleh Ferdin. Meskipun mengalami cedera, pemain asing itu dengan mudah mengecoh penjaga gawang Sofyan Hadi, sehingga kedudukan berubah 1-0 untuk Persiraja.

Namun, gol tersebut tidak berlangsung lama, karena dua menit kemudian, Persikota berhasil menyamakan kedudukan melalui Usman Rusmana, setelah berhasil memanfaatkan bola liar yang terjadi di daerah terlarang Persiraja, sehingga kedudukan berubah 1-1.

Tidak ingin dipermalukan di depan publiknya sendiri, para pemain Persiraja terus melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan lawan, namun selalu gagal.

Pelatih Iwan Setiawan akhirnya menarik Ferdin Labouki yang mengalami cedera, dan digantikan Didi Firmansyah.

Strategi yang dilakukan Iwan ternyata tidak sia-sia, karena Didi berhasil menyarangkan gol ke gawang lawan, sekaligus membawa kemenangan bagi Persiraja.

Gol kedua yang dicetak Didi itu terjadi pada menit ke-71, yang berawal dari tendangan bebas dari luar kotak finalti. Bola lambung itu disundul dengan baik oleh Didi, sehingga menjebol gawang Persikota.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009