Bandung,  (ANTARA News)- Kaprodi Teknik Geodesi dan Geomatika, Dr Ir Widyanto Kuncoro, resmi diberhentikan dari jabatannya terkait dengan kematian mahasiswa jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika ITB, angkatan 2007, Dwi Yanto Wisnu Nugroho (22).

Demikian dikatakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Ir Widyo Nugroho SULASDI, saat jumpa pers, di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari No64 Bandung, Selasa.

"Sebagai bentuk kelalaiannya, maka Kaprodi Teknik Geodesi dan Geomatika, saudara Dr IR Widyanto Kunncoro resmi diberhentikan," katanya.

Ia menilai, Kaprodi Teknik Geodesi dan Geomatika telah lalai dalam memperhatikan kegiatan mahasiswanya dan memberikan izin secara resmi terhadap kegiatan Orientasi Siswa (OS) yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Geodesi (IMG).

Dikatakannya, pihak ITB juga akan juga membekukan seluruh kegiatan IMG dalam rentan waktu tak terbatas.

Menurut dia, alasan pemberhentian kegiatan IMG dalam waktu yang tak terbatas adalah untuk memutus mata rantai kegiatan OS di jurusan Geodesi dan Geomatika.

Pihaknya juga akan memberikan memberikan sanksi kepada Ketua IMG, Ketua Panitia Kegiatan, serta Koordinator Kegiatan OS tersebut.

Ia mengatakan, sanksi  mahasiswa yang terlibat sebagai peserta atau panitia OS IMG adalah pembekuan layanan akademis.

"Pembekuan layanan akademisnya bisa bermacam-macam, seperti diskorsing, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tugas Akhir hingga dikeluarkan dari kampus," katanya.

Selain itu, pihaknya melalui Komisi Penegakan Norma Kemahaiswaan Kampus, akan menyelidiki sejauh mana keterlibatan para Alumni IMG dalam kegiatan OS Ilegal tersebut.

"Sejauh ini, kami sudah mengantongi informasi tentang dugaan keterlibatan dalam kegiatan OS Ilegal IMG, " katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Komisi Penegakan Norma Kemahasiswaan Kampus ITB, ada 52 orang alumni IMG yang terlibat dalam kegiatan OS, yakni dari angaktan 1995 hingga 2004.

Jika hasil penyelidikan tersebut menyatakan bahwa ada pihak Alumni IMG dalam kegiatan OS, maka pihaknya akan mem-"black list" para alumni tersebut dari daftar ikatan alumni ITB. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009