Jakarta, (ANTARA News) - Anandita Puspitasari (23), seorang peneliti junior di salah satu LSM berhasil menjadi penerima Bloggership pertama di Indonesia yang diluncurkan pada Pesta Blogger 2008 lalu.

"Ini adalah sebuah amanat, untuk lebih mengoptimalkan sumber daya yang saya miliki supaya bisa memberi manfaat lebih untuk masyarakat. Sedari awal, saya langsung merasa `klik` dengan tujuan program ini," kata Anandita Puspitasari atau Dita dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa

Dengan blognya yang beralamat di www.nonadita.com, dia dipilih sebaga pemenang oleh panitia seleksi yaitu Microsoft Indonesia dan "bapak blogger Indonesia" Enda Nasution.

Empat kandidat yang dikalahkan Dita yaitu Aulia Halimatussadiah (25 thn, http://salsabeela.com), Bernardus Dian Adi Prasetyo (29, http://didut.wordpress.com), Calvin Michael Sidjaja (22, http://republikbabi.com) dan Siwi Piranti Rahayu (21 thn, http://chiw,.wordpress.com)

Sebagai pemenang, Dita berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta, smartphone Windows Mobile, serta perjalanan selama 6 bulan ke 3 propinsi dengan biaya ditanggung Microsoft Indonesia.

Selama 6 bulan ke depan, dalam perjalanan ke berbagai kota tersebut, Dita akan diberi kebebasan untuk mengangkat isu-isu yang berhubungan dengan edukasi, peningkatan SDM serta kontribusi sektor swasta dalam pemberdayaan masyarakat guna membuka kesempatan ekonomi.

Business Development Manager Unlimited Potential Group Microsoft Indonesia, Bonnie Mamanua mengatakan semua kandidat punya kekuatan masing-masing, dan dari sesi wawancara pun mereka punya passion yang kuat dan perhatian yang fokus pada isu-isu sosial.

"Dita terpilih karena menurut kami ia punya kapasitas yang lebih dalam isu-isu edukasi dan pemberdayaan masyarakat, terutama karena ia sudah beberapa kali mengangkat isu-isu serupa dalam blog-nya dan melakukan beberapa penelitian akan isu-isu tersebut," kata Bonnie.

Enda Nasution mengatakan penyelenggaraan bloggership merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan terhadap komunitas blogger di Indonesia.

Bloggership merupakan sebuah "scholarship" khusus bagi para blogger yang pertama kali diluncurkan oleh Microsoft Indonesia. Bloggership diberikan kepada blogger muda berusia 20-35 tahun dan berjangka waktu 6 bulan.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009