Jakarta (ANTARA) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), akan memperkenalkan sejumlah varian baru demi mengincar penjualan sebanyak 46.900 unit pada tahun 2020.

Presiden Direktur PT KTB, Atsushi Kurita dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa menjelaskan Mitsubishi Fuso mendominasi pasar kendaraan niaga secara absolut dengan market share sebesar 44,2 persen atau setara dengan 41.736 unit.

"Sedangkan di tahun 2020 ini KTB memprediksi pasar kendaraan niaga akan bertumbuh sekitar 7 persen. Sehingga KTB menetapkan target penjualan tahun 2020 di angka 46.900 dengan rincian target Colt Diesel 40.400 unit, target FUSO dan Fighter 6.500 unit," kata Atsushi Kurita.

Secara detail, produk Colt Diesel terjual 36.575 unit dengan market share 55,4 persen di segmen LDT (low duty truck). Sedangkan segmen FUSO dan Fighter terjual 5.161 unit dengan market share 23,4 persen.

Baca juga: Hadir dengan sembilan varian, Fuso Fighter resmi meluncur secara nasional

Baca juga: Mitsubishi Fuso bidik komunitas truk tingkatkan penjualan


Peningkatan market share di segmen Medium Duty Truck (MDT) tak lepas dari kontribusi produk Fighter yang mendapat respon positif sejak pertama kali dipasarkan di awal tahun 2019 lalu.

Ia menjelaskan, sebanyak 15 Varian Fighter dihadirkan selama tahun 2019 guna memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor mulai dari logistik, infrastruktur, hingga agrikultur. Hasilnya, 1.581 unit Fighter sukses dipasarkan selama tahun 2019.

Varian baru

Dalam upaya mencapai target tersebut, KTB menyiapkan line up varian terbaru serta penyesuaian model yang dapat menjawab kebutuhan pasar.

Varian terbaru MDT Fighter FN61FL HD (6x2) dengan mesin berkekuatan 270 PS, Transmisi Eaton 9 percepatan, Final Gear 6.166, serta panjang chassis hingga 9.8 meter, siap menjawab kebutuhan konsumen khususnya di sektor logistik on-road.

Total 18 varian Fighter di tahun 2020, siap memenuhi kebutuhan konsumen dengan penyesuaian model dan spesifikasi di beberapa varian serta mengikuti regulasi Zero Over Dimension Overloading (ODOL) dan kebijakan solar B30.

Baca juga: FUSO Vision One, truk heavy duty bertenaga listrik

Baca juga: Spider, truk "bercakar" dari Mitsubishi Fuso


KTB juga menyiapkan produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi untuk mengoptimalkan varian kendaraan berdasarkan kebutuhan pasar namun tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku.

CTT akan memperkuat pelayanan KTB karena mempermudah pelanggan berbagai solusi yang diberikan.

Layanan purna jual juga diperkuat dengan perluasan jaringan FUSO Fleet Workshop untuk memenuhi kebutuhan servis dan suku cadang di lokasi konsumen, FUSO Maintenance Package untuk memastikan kendaraan konsumen dalam keadaan optimal, hingga perluasan bisnis suku cadang dengan menghadirkan line up terbaru.

Kendaraan Mitsubishi telah berkontribusi di Indonesia sejak tahun 1970, untuk itulah tahun 2020 juga merupakan momentum perayaan 50 tahun kontribusi Mitsubishi Fuso untuk Indonesia.

KTB akan menunjukkan inovasi Mitsubishi Fuso melalui truk listrik eCanter di Indonesia, yang akan dipamerkan pada ajang GIICOMVEC 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center.

Baca juga: Mitsubishi Fuso bidik "rebound" penjualan truk pada semester II

Baca juga: Bareng principal Jepang, Fuso kembangkan produk untuk pasar domestik

Baca juga: Mitsubishi Fuso kuasai 45,4 persen pasar kendaraan niaga di Indonesia

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020