Jakarta (ANTARA) - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sony, dan perusahaan teknologi asal AS, Amazon, membatalkan rencananya untuk berpartisipasi dalam pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 karena kekhawatiran terkait virus corona.

Baca juga: Virus corona buat ZTE absen di MWC 2020

“Karena kami mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan pelanggan, mitra, media, dan karyawan kami, kami telah mengambil keputusan sulit untuk menarik diri dari pameran dan berpartisipasi di MWC 2020 di Barcelona, ​​Spanyol,” kata Sony dalam pernyataan tertulis di situs resminya, Senin (10/2).

Namun, Sony tetap berencana melakukan konferensi pers untuk mengumumkan produk terbaru, yang dilakukan secara online lewat siaran langsung di saluran Youtube resmi Xperia.

“Konferensi pers Sony akan berlangsung pada waktu yang dijadwalkan 8:30 pagi (CET) pada 24 Februari 2020, lewat video melalui saluran YouTube Xperia resmi kami untuk berbagi berita produk menarik kami,” ujar Sony.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan yang diemail kepada TechCrunch, Senin (10/2), juru bicara Amazon mengatakan “karena wabah dan kekhawatiran yang terus menerus terhadap virus corona, Amazon akan menarik diri dari pameran dan partisipasi dalam Mobile World Congress, yang dijadwalkan 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.”

Sebelumnya, sejumlah perusahaan teknologi lainnya juga telah membatalkan rencana untuk berpartisipasi dalam MWC 2020 karena wabah virus corona, yakni LG, Nvidia dan Ericsson. Sementara, Samsung mengurangi jumlah eksekutif yang berpartisipasi dalam pameran tahunan tersebut.

Penyelenggara MWC 2020, GSMA, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai tindakan pencegahan yang diambil, termasuk larangan pengunjung dari provinsi Hubei, China — tempat wabah virus corona diyakini dimulai.


Baca juga: MWC 2020 larang kedatangan wisatawan Hubei

Baca juga: Samsung kurangi perwakilannya di MWC 2020 terkait wabah corona

Baca juga: Ericsson menarik diri dari MWC 2020 karena virus corona

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020