Kendari (ANTARA) - Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) di Sulawesi Tenggara (Sultra) Samsu Umar Abdul Samiun menyatakan dukungannya kepada Mulfacri-Hanafi sebagai ketua DPP di Kongres PAN ke V yang diselenggarakan di Sultra.

Hal itu disampaikan langsung oleh mantan Ketua DPW PAN Sultra ini ketika berada di salah satu hotel di Kendari, Minggu (9/2/2020) tempat akan diselenggarakannya Kongres PAN ke V tersebut.

Ia mengungkapkan, alasan dukungannya tersebut dilatarbelakangi sejarah panjang PAN yang sampai hari ini masih bermazhab kepada Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Sehingga apapun yang diputuskan Amin Rais maka harus diikuti.

"Saya secara pribadi mendukung Mulfachri dan Hanafi. Ini dilatarbelakangi sejarah PAN. Sampai hari ini kita masih bermahzab kepada Amien Rais, apapun yang diminta oleh Amien Rais kami ikut," katanya, Minggu malam.

Menanggapi pernyataan Ketua DPW PAN Sultra, Abdurahman Shaleh (ARS) yang mengatakan bahwa PAN di Sultra solid mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) di Kongres PAN 2020, Menurutnya itu tidaklah benar.

"Saya berkomunikasi dengan ketua DPD PAN sebagai eksekutor, mereka sebenarnya menghindar dari apa yang disampaikan oleh Abdurrahman Saleh," ujarnya.
 

Mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) di Sulawesi Tenggara (Sultra) Samsu Umar Abdul Samiun, saat berada di salah satu hotel di Kendari, Minggu (9/2/2020) tempat akan diselenggarakannya Kongres PAN ke V. (ANTARA/Harianto)

Ia juga menyampaikan, bahwa 280 suara dari 590 suara DPD PAN mengarah pada Mulfachri-Hanafi. Menurutnya angka tersebut sudah cukup untuk menenangkan Mulfachri.

Mantan Bupati Buton dua periode ini juga menyampaikan dari 17 DPD PAN se-Sultra, ia memperkirakan 9 sampai 10 DPD PAN akan mengarahkan dukungannya pada Mulfachri-Hanafi.

Untuk diketahui, empat nama yang menyatakan kesiapannya untuk bertarung memperebutkan posisi sebagai Ketua Umum PAN periode 2020-2025 diantaranya Asman Abnur, Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan Zulkifli Hasan.

Baca juga: Kepemimpinan egaliter PAN, kubu Zulkifli: Itu nyata

Baca juga: Kuasai pemilih di Sumatera-Jawa, kubu Mulfachri optimistis menang

Baca juga: Pimpin PAN, Mulfachri komitmen jaga iklim kondusif politik nasional


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020