Jakarta (ANTARA) - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap mengatakan akan maju bersama putra Amien Rais, Hanafi Rais, menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PAN periode 2020—2025, sekaligus menjawab arah dukungan Amien Rais.

Hal itu dia umumkan kepada awak media saat menyerahkan berkas persyaratan Calon Ketua Umum PAN di Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Jakarta, Sabtu.

"Untuk pertama kalinya kami memulai sebuah tradisi baru, dan saya kira ini baik ke depan. Jadi, saya maju langsung berpasangan dengan Hanafi Rais," ujar Mulfachri.

Mengenakan kemeja cokelat bermotif kotak-kotak dengan rompi berwarna biru dongker, Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu datang ke Sekretariat DPP PAN sekitar pukul 18.00 WIB.

Namun, dia tidak mengajak serta Hanafi Rais dalam kesempatan tersebut.

Baca juga: Pimpin PAN, Mulfachri komitmen jaga iklim kondusif politik nasional

Baca juga: Mulfachri deklarasi maju caketum PAN 2020-2025 didukung 298 DPW-DPD


Mulfachri mengatakan bahwa pilihan maju bersama Ketua Fraksi PAN DPR RI itu sudah menjawab pertanyaan banyak orang tentang ke mana arah dukungan Ketua Dewan Pengarah yang notabene pendiri PAN Amien Rais.

"Saya kira itu sudah menjawab kira-kira dukungan Pak Amien kepada saya seperti itu," ujar Mulfachri.
​​​​​​​
Ia mengatakan bahwa dukungan Amien Rais kepadanya sangat rasional dan melalui sebuah diskursus yang panjang dan mendalam.

"Jadi, tidak ujuk-ujuk Pak Amien mendukung saya," kata Mulfachri.
​​​​​​​
Ia pun bercerita bagaimana proses saat mengajak Amien Rais mendukungnya maju menjadi Caketum PAN berikutnya.

"Saya datang ke tempat Pak Amien, saya sampaikan, katakanlah, semacam proposal. Di situ saya jelaskan situasi PAN hari ini, dan saya sampaikan juga ke depan PAN itu baiknya seperti apa," kata Mulfachri.
​​​​​​​
Amien Rais kemudian menjawab proposal yang diberikan Mulfachri 2—3 minggu dari pertemuan itu.

"Pak Amien mengatakan bismillah, silakan maju. Insyaallah, akan saya dukung," kata Mulfachri menirukan ucapan Amien Rais kepadanya.

Baca juga: Pesan Amien kepada Mulfachri: Rangkul semua kader PAN

Baca juga: Zulkifli: Tidak masalah Amien Rais dukung Mulfachri


Mulfachri adalah kandidat calon ketua uum ketiga yang menyerahkan berkas pendaftaran dirinya pada hari Sabtu ke Sekretariat DPP PAN setelah Asman Abnur dan Drajad Wibowo.

Menurut Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Kongres PAN V Saleh Partaonan Daulay ada satu calon lagi, yaitu Ketua Umum Petahana PAN Zulkifli Hasan yang kemungkinan akan mendaftarkan dirinya di Kendari.

"Selanjutnya, panitia pemilihan akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan dan kelengkapan berkasnya," kata Saleh.

Ia mengatakan bahwa hasil verifikasi rencananya akan diumumkan di Kendari saat Kongres PAN berlangsung pada tanggal 11 Februari 2020.

"Insyaallah, (semua calon) terverifikasi semua, ya," kata Saleh.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020