Banda Aceh (ANTARA News) - M. Gade Salam dan M Yusuf Ibrahim terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) setelah mengumpulkan 35.674 (52,71 persen) suara dalam pilkada putaran kedua, Rabu.

Lawannya, pasangan Yusri Melon/Muhammad AR mengumpulkan suara 32.005 atau 47,29 persen dari 67.679 suara yang masuk ke panitia dalam pilkada pertama di  kabupaten pemekaran Pidie tersebut.

Kedua pasangan sama-sama memenangkan empat dari delapan kecamatan, sehingga kemenangan Gade/Yusuf ditentukan oleh selisih suara yang tipis 3.669 suara.

Gade/Yusuf memenangkan Kecamatan Panteraja, Trienggadeng, Meureudu dan Kecamatan Bandar Baru, sedangkan Yusri/Muhammad menang di Kecamatan Lueng Putu, Ulee Gle, Meurah Dua, dan Kecamatan Jangka Buya.

Ketua KIP Pidie Jaya Basri memastikan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Gade/Yusuf unggul karena sudah mencapai 52,71 persen suara.

"Jadi, KIP sudah bisa memastikan pasangan Gade/Yusuf sebagai pemenang, tinggal menunggu penetapannya," tambahnya.

Basri menyatakan, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Pidie Jaya berlangsung lancar dan tidak ada gangguan yang berarti. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008