Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Thailand ketika keduanya bertemu pada leg pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2008 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa malam.

Benny Dollo, pelatih tim Indonesia sejak awal laga memainkan pemain terbaiknya seperti Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono di lini depan, sedangkan pengasuh Thailand Peter Ried memasang Teerasil Dangda dan Surat Sukha.

Gol pertama Thailand diciptakan lewat tandukan Teerasil Dangda di menit kelima yang tak mampu direbut kiper Markus Horison. Dangda memanfaatkan umpan lambung dari sayap kiri Teerathep Winothai.

Menit 17, Thailand terus menekan dengan satu peluang lewat bola mati Datsakorn Thonglao dapat ditepis Markus.

Sementara serangan-serangan Indonesia dengan mudah dibaca dan dipatahkan bahkan melakukan kesalahan sendiri.

Hingga 15 menit turun minum, Indonesia mulai mampu mengembangkan permainan dengan beberapa kali menekan pertahanan Thailand. Namun, Thailand yang lebih memiliki kecepatan dengan serangan balik mereka.

Ribuan pendukung tim nasional Indonesia hampir memadati Stadion Gelora Bung Karno, Senayan tetap memberikan semangat untuk Charis Yulianto dan kawan-kawan untuk membalas. Hingga turun minum kedudukan tetap 1-0 untuk Thailand.

Di babak kedua, Indonesia memulai bola lewat serangan Isnan Ali, namun belum mampu membongkar pertahanan Thailand yang dijaga kiper Kittisak Rawangpa.

Meningkat daya gedor, Benny Dollo memasukkan Musafri yang menggantikan Bambang Pamungkas di menit ke-66.

Menit 72, Markus Horison mampu mengamankan daerahnya dari Datsakorn Thonglao yang lepas dari kawalan pemain belakang Indonesia.

Satu peluang Indonesia lewat bola mati Ismed Sofyan belum mampu membobol gawang Thailand dan hanya mengenasi mistar gawang di menit 74.

Sementara Thailand berusaha memperbesar kemenangan meski kembali diselamatkan Markus Horison. Sejumlah peluang di menit-menit akhir, Charis dan rekan-rekannya gagal menyamakan kedudukan.

Peluang Indonesia untuk ke final masih terbuka, namun cukup berat karena harus main leg keduanya di kandang Thailand.

Partai semifinal turnamen ini mengunakan sistem kandang dan tandang untuk merebut tiket final. Setelah main di kandang Indonesia ini pada Selasa (16/12) di Stadion Gelora Bung Karno, untuk leg kedua pada 20 Desember akan digelar di Stadion Rajamangala Bangkok.

Susunan pemain:

Indonesia: Markus Horison (kiper), Charis Yulianto (kapten), Ponaryo Astaman, Budi Sudarsono, Ismed Sofyan, Firman Utina, Muhammad Ilham, Bambang Pamungkas, Isnan Ali, Irsyad Aras/Arif Suyono 86`, Nova Arianto/M Robi 35`.

Pelatih: Benny Dollo.

Thailand: Kittisak Rawangpa (kiper), Suree Sukha, Chonlatit Jantakam, Nataporn Phanrit, Datakorn Thonglao (kapten), Suchao Nuthum, Teerasil Dangda/Rangsan Viwatchaichok 80`, Nattaphong Samana, Terratep Winothai/Ronnachai Rangsiyo 74`, Surat Sukha/Phichitphong Choeichiu 20`, Sutte Suksomkit.

Pelatih: Peter Ried.

Wasit: Vo Minh Tri (Vietnam).

Hakim Garis: Azman Ismail (Malaysia), Nazeer Hussein (Singapura).

Wasit cadangan: Van Hien Duong (Vietnam).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008