Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir mengajak komunitas Tionghoa tidak alergi politik karena dengan menerjuni politik mereka bisa berperan lebih besar dalam pembangunan negara dan bangsa.

Di samping menyampaikan ajakan itu, Soetrisno yang berdialog dengan komunitas Tionghoa di Surabaya, Kamis, mememperkenalkan Calon Legislatif PAN untuk DPR RI dari Daerah Pemilihan I Surabaya - Sidoarjo, Charles Honoris, yang adalah tokoh muda Tionghoa.

Selain Charles Honoris, PAN juga mengajukan beberapa caleg Tionghoa lainnya, antara lain L. Walanda (Sulawesi Utara), Tan Fu Yong (DKI Jakarta), Samuel Nitisaputra (Kalimantan Timur) dan Alvin Lie (Jateng).

Soetrisno menyatakan, sebagai partai pluralis dan terbuka, PAN memberikan kesempatan kepada semua komunitas untuk berkiprah di jalur politik melalui PAN.

"Saya tegaskan sekali lagi bahwa PAN itu terbuka untuk siapapun, termasuk kalangan komunitas Tionghoa. Lihat saja namanya Mas Alvin Lie, dia menjadi anggota dewan sejak Pemilu 1999 dan 2004. Sekarang dia tetap kami calonkan karena kinerjanya di dewan (DPR) bagus," paparnya.

Termasuk bidang politik, komunitas Tionghoa jangan ragu berpartisipasi secara aktif, tidak lagi hanya menjadi penonton dan mewarnai ranah politik dengan praktik politik santun, jujur dan mengedepankan kepentingan rakyat, ajak Soetrisno. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008