Jakarta  (ANTARA News)  -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyalurkan suaranya untuk memilih Bupati Bogor dalam Pilkada putaran kedua Kabupaten Bogor di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Puncak.

Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono akan mencoblos di TPS 03 Gunung Mas, Tugu, Puncak, Jawa Barat, Minggu, sekitar pukul 08.00 WIB.

Biasanya, Presiden Yudhoyono menyalurkan hak suara di TPS terdekat dengan kediamannya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor.

Namun, karena pada pukul 10.00 WIB Presiden beserta Ibu Ani Yudhoyono  dijadwalkan menghadiri pembukaan Jambore dan Festival Penyuluhan Pertanian di Cibodas, Jawa Barat, maka Presiden menyalurkan suaranya di tengah  perjalanannya di TPS 03, Puncak, Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor memutuskan untuk menggelar Pilkada putaran kedua karena tidak ada peserta pilkada pada putaran pertama  24 Agustus 2008 yang meraih 30 persen suara dari jumlah suara sah.

Berdasarkan UU No 12 tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, pasangan calon kepala daerah ditetapkan jika berhasil meraih 30 persen suara dari jumlah suara sah.

Pilkada putaran kedua Kabupaten Bogor diikuti oleh pasangan Rachmat Yasin dan Karyawan Faturachman yang diusung koalisi PPP, PDIP, Partai Pelopor, PNBK, Partai Patriot Pancasila, PSI serta pasangan Fitri Putra Nugraha dan Endang Kosasih yang diusung Partai Golkar.

Pada putaran pertama, pasangan Rachmat Yasin dan Karyawan Faturachman memperoleh 29,94 persen suara dan pasangan Fitri-Endang meraih 25,67 persen  suara dari jumlah seluruh suara sah.

Pilkada Kabupaten Bogor putaran pertama diikuti oleh lima pasangan,  yaitu H Djuher dan Mohammad Rusdi AS yang diusung Partai Demokrat, PKPB,  PNUI, PKPI, PPDI, PKB, pasangan Maman Daning dan Muhammad Nurdin dari calon  independen, Tb Soenmandjaja SD dan Ace Supeli yang diusung PKS, serta  pasangan Fitri Putra Nugraha dan Endang Kosasih, dan pasangan Rachmat  Yasin dan Karyawan Faturachman. (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2008