Jakarta (ANTARA) - Hidup dalam pelarian terbukti berongkos mahal bagi mantan bos Nissan Carlos Ghosn, termasuk uang jaminan 14 juta dolar (Rp192 miliar) di pengadilan Jepang yang dipastikan hilang percuma karena pelariannya.

Sementara ongkos untuk kabur dari Jepang dan merayakan malam Tahun Baru 2020 di Beirut ditaksir menghabiskan lebih 15 juta dolar atau sekitar Rp206 miliar, demikian mengutip laporan Irish Times, Sabtu.

Itu termasuk 350.000 dolar untuk jet pribadi yang membawa Ghosn dari Osaka ke Istambul dan jutaan dolar lainnya untuk ekstrasi multinegara yang setidaknya membutuhkan 25 orang dalam setengah tahun merencanakan pelarian, menurut pakar keamanan swasta yang mengatakan dia tidak terlibat.

Arus keluar seperti itu membuat kekayaan Mr Ghosn menyusut hingga 40 persen sejak dia ditangkap lebih dari setahun yang lalu di Bandara Haneda Tokyo, menurut perkiraan Bloomberg Billionaires Index.

Kekayaannya sekarang diperkirakan sekitar 70 juta dolar, turun dari sekitar 120 juta dolar pada saat penampilan pengadilan pertamanya setahun yang lalu.

Dengan berapi-api pada konferensi pers dua setengah jam di Beirut pada hari Rabu (8/1), Ghosn (65) berulang kali menyatakan tidak bersalah terhadap tuduhan bahwa ia meremehkan pendapatannya dan menyerbu sumber daya perusahaan untuk keuntungan pribadi, menuduh jaksa penuntut Jepang, pejabat pemerintah dan eksekutif Nissan Motor berkonspirasi untuk menjatuhkannya, dan bersikeras dia akan membersihkan namanya.

"Saya sudah terbiasa dengan apa yang Anda sebut misi mustahil," katanya dalam menanggapi pertanyaan dari para wartawan yang berkumpul.

Baca juga: Jepang perintahkan prosedur migrasi lebih ketat pasca kaburnya Ghosn

Baca juga: Dubes Jepang minta kerja sama Beirut untuk penyelidikan Ghosn


"Anda dapat mengharapkan saya di minggu-minggu mendatang untuk mengambil inisiatif untuk memberi tahu Anda bagaimana saya akan membersihkan nama saya."

Itu mungkin termasuk buku yang menceritakan semuanya. Ghosn berencana untuk mempublikasikan kisah penangkapannya, menurut sebuah laporan yang dirilis NHK Jepang.

Di Prancis, otoritas setempat juga sudah memulai investigasi kemungkinan penyalahgunaan uang Renault oleh Ghosn untuk menjadi tuan rumah pesta mewah dan membayar biaya konsultasi.

Mantan eksekutif Nissan dan Renault itu juga setuju untuk membayar 1 juta dolar guna menyelesaikan keluhan sipil dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS, yang mengatakan ia gagal mengungkapkan secara tepat potensi pembayaran pensiun, tanpa mengakui atau menyangkal kesalahan.

Pada konferensi persnya, Ghosn mengklaim bahwa dia tidak melakukan hal yang tidak diinginkan dalam menyelenggarakan acara di Istana Versailles. Mengenai denda SEC, pengacara Ghosn mengatakan sebelumnya, "Kami sangat senang telah menyelesaikan masalah ini di AS tanpa temuan atau pengakuan kesalahan."

Firma hukum Ghosn di AS, Paul Weiss Rifkind Wharton dan Garrison, menolak untuk mengomentari perkiraan kekayaan yang dilansir Bloomberg atau pada penyelesaian SEC. Pengacara Lebanon Ghosn juga menolak berkomentar.

Nissan sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap Ghosn di Lebanon, orang-orang yang mengetahui rencana perusahaan mengatakan, untuk mendapatkan kembali uang yang diklaimnya tidak digunakan dengan benar.

Pembuat mobil itu berusaha mengusirnya dari vila merah muda di Beirut yang masih bisa dia akses. Nissan membelinya seharga 8,75 juta dolar, merenovasi dan menyediakannya untuknya, menurut seseorang yang akrab dengan masalah tersebut.

"Penerbangan Ghosn tidak akan memengaruhi kebijakan dasar Nissan yang membuatnya bertanggung jawab atas kesalahan serius yang ditemukan oleh penyelidikan internal," kata pabrikan mobil yang berbasis di Yokohama itu.

Baca juga: Carlos Ghosn naik Shinkansen ke Osaka sebelum tinggalkan Jepang

Baca juga: Mantan bos Nissan Ghosn rela masuk kotak untuk kabur dari Jepang


Kian sakiti Nissan

Kasus yang menyeret Ghosn berikut pelariannya dari Jepang telah membuat Nissan kian tersakiti secara reputasi maupun finansial.

Kapitalisasi pasar Nissan telah turun lebih dari 10 miliar dolar sejak penangkapannya.

"Mereka kehilangan lebih dari $40 juta sehari," kata Ghosn, Rabu (8/1).

Kerugian itu bertepatan dengan krisis keseluruhan di industri otomotif, yang telah memukul laba, tetapi Ghosn berpendapat keinginan Nissan untuk mendepaknya telah merusak laba dan nilai pemegang saham.

Bloomberg News juga melaporkan bahwa Nissan membelanjakan 200 juta dolar untuk pengacara, penyelidik dan detektif swasta selama skandal, sebuah klaim yang dibantah oleh orang dalam.

"Angka itu sangat dibesar-besarkan. Anda mungkin perlu mengambil satu nol," satu sumber di dalam Nissan mengatakan kepada AFP.

Apakah Ghosn akan mendapatkan kebebasan sebenarnya dan bisa membersihkan namanya di Libanon? Itu masih menjadi misteri.

Baca juga: Sempat gelar pesta di Versailles, Ghosn: Saya kira itu gratis

Baca juga: Ghosn tuding Presiden Prancis terlibat di krisis Renault-Nissan

Baca juga: Ghosn sebut siap tinggal lama di Libanon untuk diadili
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020