Jakarta (ANTARA) -

Dikutip dari The Hollywood Reporter, konsep Vision AVTR, atau Advanced Vehicle Transformation, sejalan dengan visi Mercedes-Benz untuk mobilitas di masa depan, dengan desain interaksi yang sepenuhnya baru antara manusia, mesin, dan alam.

Baca juga: Mercedes-Benz rakit SUV New GLE dan GLC di Bogor

"Kami bertujuan memproduksi kendaraan netral karbon, menumbuhkan pangsa kendaraan listrik yang terjual dan memiliki armada mobil penumpang karbon netral baru pada tahun 2039," kata Källenius, Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG.

Proses pembuatan Mercedes-Benz Vision AVTR melibatkan sutradara film "Avatar", James Cameron dan timnya agar konsep dan teknologinya dapat selaras.

Vision AVTR memiliki teknologi canggih dan desain yang berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya.

Baca juga: Mercedes-Benz akan PHK 10.000 karyawan secara bertahap

Sesuai konsep otonom, mobil ini tidak memiliki setir dan penumpang dapat mengendalikan mobil dengan pusat kontrol yang berbentuk oval, terletak di antara dua jok depan.

Di bagian belakang, mobil ini memiliki 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah, dan menyerupai sisik reptil. Flap tersebut akan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil.

Velg mobil yang terinspirasi dari "Seed of the Tree of Souls" dalam film "Avatar", memiliki bentuk bola dan dapat berputar ke mana saja, sehingga memungkinkan mobil dapat berjalan ke samping dan secara diagonal.
 

Interior mobil terbuat dari plastik daur ulang dan kulit imitasi "Dinamca" vegan. Lantainya terbuat dari rotan yang disebut "Karuun".

Mercedes-Benz AVTR ini juga disematkan layar besar berbentuk segitiga di dalam kabin. Adapun empat jok atau kursi mobil ini mendapatkan sentuhan struktur tempat tidur gantung Avatar.

Mobil listrik ini diklaim mampu menghasilkan 470 tenaga kuda dengan kapasitas baterai 110 kWh, dan mampu menempuh jarak hingga 700 km untuk sekali pengisian daya.

Baca juga: Potensi otomotif besar, Mercedes-Benz tidak akan tinggalkan Indonesia

Baca juga: Terpilih jadi mobil dinas Jokowi, ini kelebihan Mercedes-Benz

 

Pewarta: A087
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020