Blitar, (ANTARA News) - Calon Presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto Djojohadikusumo berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu.

Mantan Pangkostrad dan Danjen Kopassus itu tiba di Blitar dengan menggunakan helikopter dari halaman Aula Al Muktamar, Ponpes Lirboyo, Kediri.

Kedatangan Prabowo ke Blitar didampingi anggota Fraksi PDIP DPR RI, Permadi, Wali Kota Blitar, Djarot Saiful Hidayat, Wakil Wali Kota Blitar, Endro Hermono, dan beberapa pengurus Partai Gerindra.

Ziarah tersebut diawali dengan penghormatan militer di depan pusara Bung Karno, dilanjutkan dengan tabur bunga dan pembacaan doa.

Kepada wartawan di Blitar, Prabowo mengungkapkan, bahwa sejak lama memiliki niat untuk berziarah ke MBK.

"Kebetulan sejak semalam saya berada di Kediri, sehingga saya bisa ziarah ke Blitar karena jaraknya memang dekat," kata putra begawan ekonomi, Soemitro Djojohadikusumo itu.

Dari Blitar, Prabowo dan rombongan akan melanjutkan safari politiknya ke Bondowoso untuk memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda sebuah perguruan tinggi swasta.

Menurut dia, kunjungannya ke beberapa daerah selain menghadiri undangan dan silaturahmi, juga untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Soal pencalonannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, Prabowo mengatakan, tergantung perolehan suara Partai Gerindra.

"Kalau memang bisa memenuhi syarat 20 persen suara, saya akan maju. Tapi saya tetap yakin partai ini akan mampu meraup 20 persen suara dalam Pemilu tahun depan," kata Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Sementara itu tokoh PDIP, Permadi, mengaku kedatangannya ke Blitar hanya untuk menemani Prabowo berziarah ke MBK. "Karena diminta, saya bersedia menemani beliau," katanya beralasan.

Namun, dia menampik anggapan bahwa kedatangannya ke Blitar itu untuk menjajaki kemungkinan Prabowo berpasangan dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri dalam Pilpres 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008