Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Barcelona pada Kamis (2/1) mulai melarang pengoperasian kendaraan berdasarkan tahun registrasi produksi tahun 2000 dan sebelumnya guna mengurangi polusi di kota kedua terbesar di Spanyol itu.

Dilansir AFP, Jumat, mobil yang dilarang beroperasi di Barcelona antara lain mobil bermesin bensin yang terdaftar mulai tahun 2000 dan sebelumnya, serta mobil bermesin diesel tahun 2006 dan sebelumnya.

Kendati demikian, pihak berwenang kota itu mengatur pembatasan kendaraan tidak dilakukan sepanjang hari, melainkan pada pukul 07.00 hingga 20.00. Pihak berwajib siap mendenda 100 euro (Rp1,5 juta) untuk pelanggar.

Selain itu, kendaraan yang dilarang tersebut juga dibatasi penggunaannya untuk masuk dan keluar kota, yakni hanya 10 kali dalam setahun.

Kendaraan berusia tua dari luar Spanyol yang mau masuk ke Barcelona, tetap diperbolehkan dengan syarat harus melapor ke pihak berwajib.

Peraturan itu berlaku untuk kendaraan pribadi namun akan diperluas untuk mobil niaga berjenis van hingga truk pada 2021, demikian AFP.

Baca juga: Konvoi mobil listrik momentum kurangi polusi udara

Baca juga: Mengulik kehadiran kendaraan listrik sebagai solusi

Baca juga: China perpanjang subsidi mobil listrik untuk perangi polusi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020