Kita tidak perlu saling menyalahkan atas bencana yang terjadi
Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PKS dari pusat sampai daerah untuk bahu-membahu turun tangan membantu warga yang terkena musibah banjir di berbagai wilayah.

"Kami instruksikan seluruh anggota legislatif PKS dari pusat dan daerah untuk bahu membahu membantu korban banjir semaksimal mungkin," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Jazuli menyampaikan keprihatinan mendalam kepada warga masyarakat yang tertimpa musibah banjir, semua berharap dan berdoa agar banjir segera surut, tidak banyak korban jiwa, serta masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

Sebagai langkah konkret, Jazuli menginstruksikan untuk menggalang dana bantuan yang disisihkan dari sebagian gaji anggota dewan PKS dan berharap langkah tersebut bisa meringankan beban yang dialami korban banjir.

Baca juga: PKS tak mau salahkan siapa pun soal banjir di Jakarta

Baca juga: Banjir Jakarta bukan salah kita, lalu salah siapa?

Baca juga: Jakarta banjir, butuh pemimpin rasional dan logis


Dia juga meminta kepada pemerintah baik daerah maupun pusat dengan seluruh jajaran khususnya badan penggulangan bencana (BPBD dan BNPB) bertindak siaga, sigap, cepat, dan tuntas dalam mengevakuasi warga serta menyiapkan tempat penampungan dan kebutuhan bagi korban yang layak.

"Pemerintah daerah dan pusat harus ambil tanggung jawab dan siaga penuh. Prioritas utama menyelamatkan warga ke tempat yang aman banjir seperti menyiapkan tempat penampungan sementara dan segala kebutuhan yang diperlukan serta efektif dalam mengatasi air banjir sehingga cepat surut dan dapat mengurangi dampak bencana," ujarnya.

Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat dimanapun berada untuk tetap waspada dan berhati-hati karena curah hujan yang tinggi dan terus turun.

Kepada masyarakat luas, dia mengajak untuk mendukung aktivitas tanggap bencana dengan menunjukkan solidaritas doa, bantuan materi, atau terjun langsung membantu menjadi relawan bencana.

"Kita tidak perlu saling menyalahkan atas bencana yang terjadi. Sebaliknya, tunjukkan keprihatinan dan dukungan agar banjir ini dapat segera diatasi dengan cepat dan tuntas serta tidak banyak korban jiwa," katanya.

Dia juga meminta para kader PKS di berbagai wilayah terdampak musibah banjir, langsung terjun menjadi relawan memberikan bantuan langsung, dan kantor-kantor PKS telah siaga menjadi posko bantuan dan penanganan bencana.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020