dalam waktu dekat bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat
Trenggalek (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) siap mendukung pemerintah mewujudkan jaminan sosial untuk pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) melalui penambahan jaminan sosial yang ada saat ini.

Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto, Sabtu mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk membahas wacana itu.

"Saat ini teknisnya sudah dibahas di kementerian lembaga dan dalam waktu dekat bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat Indonesia," katanya usai meninjau hasil penanaman terumbu karang di Trenggalek, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, nantinya jaminan untuk pekerja yang terkena PHK tersebut akan ditambahkan dari empat jaminan yang sudah ada saat ini.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan siapkan pelatihan pekerja ter-PHK, ini syaratnya
Baca juga: Ratusan pekerja NTT ter-PHK boleh bekerja lagi di Kaltim


"Selanjutnya akan ada jaminan baru masalah pekerja ter-PHK dari empat jaminan yang sudah ada masing-masing jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan juga jaminan pensiun," katanya.

Ia mengatakan, yang saat ini diberikan untuk pekerja ter-PHK adalah memberikan vokasi atau pelatihan kepada pekerja.

"Nantinya juga ada bantuan tunai, dan juga training yang diberikan kepada pekerja itu," ucapnya.

Baca juga: BPJS-TK latih 20.000 pekerja ter-PHK tahun ini
Baca juga: Sudah 15.000 Pekerja Ter-PHK, Kemungkinan Akan Terus Naik

Terkait dengan penanaman terumbu karang, ia menjelaskan, itu adalah bentuk kepedulian BP Jamsostek terhadap lingkungan sumber daya hayati.

"Hasilnya terumbu karang yang ditanam semuanya hidup dan sangat bagus," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengaku sangat mendukung langkah yang sudah dilakukan BP Jamsostek.pq

"Kami akan meningkatkan sinergi, terutama untuk memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di Trenggalek ini," katanya.

Baca juga: BP Jamsostek gandeng BLK Jambi gulirkan pelatihan vokasi
Baca juga: SPSI-Jamsostek Rancang Pelatihan Padat Karya

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019