Jakarta (ANTARA) - Sepeda motor berdesain klasik kini menjadi tren, selain karena modelnya yang unik, tunggangan berdesain lawas juga lebih mudah dimodifikasi oleh pemiliknya untuk memberikan personalisasi yang berbeda.

Sepanjang 2019, sebagian besar merek sepeda motor di Indonesia meluncurkan kendaraan roda dua berdesain klasik. Berikut ulasan singkatnya:

Kawasaki W 175 Cafe

.
Kawasaki W 175 Cafe (ANTARA/Chairul Rohman)


Pada awal tahun 2019, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan keluarga W series yang identik dengan ciri khas motor klasik, yakni W175 berkonsep cafe style.

W series masih menggunakan dasar yang menyerupai dengan model sebelumnya, mengusung tampilan cafe style yang merupakan aliran paling popular di tahun 1960-an.

Kendati demikian, model seperti itu sudah diangggap sporty pada zamannya.

Kawasaki W 175 Cafe hadir dengan meter visor atraktif dan mempertegas kesan cafe style. Warna meter visor dibuat senada dengan warna body.

Cleveland Ace Scrambler 400
 
Cleveleand Ace Scrambler 400 (ANTARA/Chairul Rohman)


PT Sumatra Motor Indonesia (SMI), agen pemegang merek Cleveland Cyclewerks di Indonesia, meluncurkan sepeda motor bermesin 400cc yakni Ace 400 Scrambler pada gelaran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan beberapa waktu yang lalu.

Kehadiran motor bergenre scramble itu adalah inovasi bagi Cleveland di pasar Indonesia untuk menghadirkan motor ber-cc lebih besar.

Sepeda motor itu memakai mesin satu silinder dengan Double Exhaust Muffler, dilengkapi Double Disk front Brake (dengan ABS System), Engine Oil Cooler, Upside Down, Delphi EFI Control System, Lampu Bulat LED Headlight, Automotive Grade ABS.

Baca juga: Jawa Perak dijual Rp38 juta di India

Baca juga: Triumph edisi terbatas diklaim bernilai investasi

Benelli imperialle 400
 
Benelli Imperiale 400 (ANTARA/Benelli India)


Motor yang diluncurkan pada IIMS MotoBike Expo 2019 ini dibekali mesin 380 cc satu silinder SOHC bersistem injeksi elektronik.

Benelli, pabrikan roda dua Italia yang masuk ke Indonesia melalui PT Benelli Anugerah Motor Pusaka menghadirkan motor itu dengan bahasa desain klasik melalui model jok terpisah, tangki tear drop, lampu bulat serta bracket pada bagian kiri dan kanan bagian belakang untuk menyematkan side bag.

Benelli Imperiale 400 sudah dirakit di Indonesia alias CKD (Completely Knock Down).

Royal Enfield Continental GT 650 Twin
​​​​​​​Royal Enfield Continental GT 650 Twin. (ANTARA/Royal Enfield)

​​​​​​​
Pada April 2019, Royal Enfield Indonesia meluncurkan motor bergaya klasik yakni Continental GT 650 Twin yang dibanderol Rp194,3 untuk versi standar.

Motor itu memakai mesin dua silinder, menambah tenaga dari mesin berkapasitas 648cc yang menghasilkan tenaga mencapai 47 hp.

Kendati mengusung aliran cafe racer yang kental unsur klasik, sepeda motor itu sudah memakai sistem pembakaran Digital Spark Ignition – TCI, panel Instrumen digital, dan indikator BBM digital.

Baca juga: Yamaha Retro All New XSR 155 dijual mulai Rp36 jutaan

Baca juga: Spesifikasi Yamaha retro XSR 155

Husqvarna Svartpilen 701
 
Husqvarna Svartpilen 701 dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019 (ANTARA/Chairul Rohman)


Husqvarna Indonesia meluncurkan seri terbaru street bike Svartpilen 701 pada pada November 2019. Dengan desain progresif, sepeda motor itu sudah memakai lampu LED, serta suspensi travel pada depan dan belakang.

Yamaha All New XSR 155
 
Yamaha All New XSR 155 (ANTARA/HO/Yamaha Indonesia)


Di akhir tahun ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor yang bergaya retro, yakni Yamaha All New XSR 155.
Motor yang dibanderol dengan harga Rp36.265 juta berstatus on the road Jakarta ini dilengkapi dengan LCD digital pada speedometer bergaya klasik yang dilengkapi Multi Information Display (MID).

Pada bagian kaki-kaki, All New XSR 155 mengadopsi suspensi Up Side Down (USD), ban dual purpose ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 pada belakang.

All New XSR 155 memakai mesin Fuel Injection 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan yang berteknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.

Baca juga: Jajal Kawasaki W175 TR di jalan aspal dan tanah

Baca juga: Menilik motor custom Bobber Presiden Jokowi

Baca juga: Duel motor retro W175TR vs XSR 155, bagaimana tanggapan Kawasaki?

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019