Kebanyakan pelanggan menyewa untuk digunakan liburan ke luar kota saat malam tahun baru. Ada yang menyewa selama tiga hari ada juga yang sampai lima hari. Rata-rata sewa sejak H-2 hingga H+1 tahun baru...
Palangka Raya (ANTARA) - Menjelang perayaan tahun baru 2020 jasa rental atau penyewaan mobil pribadi di Palangka Raya Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah kebanjiran pesanan warga yang ingin berlibur.

Hidayat, pemilik jasa penyewaan mobil di Palangka Raya, Selasa mengatakan seluruh mobil yang disewakan ada  20 unit, telah dipesan untuk dipakai liburan dalam untuk merayakan tahun baru 2020.

"Kebanyakan pelanggan menyewa untuk digunakan liburan ke luar kota saat malam tahun baru. Ada yang menyewa selama tiga hari ada juga yang sampai lima hari. Rata-rata sewa sejak H-2 hingga H+1 tahun baru," kata bapak satu anak itu.

Saat ini penyewaan mobilnya menerapkan sistem paket dengan hitungan tiga hingga tujuh hari. Hal ini disebut lebih murah dibanding sistem sewa harian.'

Dhani, pemilik rental mobil di Palangka Raya lainnya mengungkapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pemasukan bisnis jasa penyewaan mobil memasuki tahun baru 2020 cukup lumayan.

"Apalagi penyewa bisa meminjam rata-rata minimal tiga hari sampai lima hari, sudah pasti pendapatan jauh berbeda dari hari-hari biasanya, yang rata-rata hanya satu sampai tiga hari sekali sewa," katanya.

Dia menerangkan besaran tarif penyewaan tergantung dari jenis mobil dan lama sewa. Namun rata-rata satu mobil dikenakan harga sewa antara Rp450 ribu sampai Rp600 ribu per hari tergantung jenis mobil.

"Dari kebanyakan penyewa, mobil yang paling dicari ialah Avanza dan sejenisnya karena selain harga sewa yang cukup murah, biaya bensin juga murah. Selain itu mobil jenis ini digemari pelanggan karena mampu banyak membawa barang bawaan pemudik," katanya.

Sarifudin warga Jalan Jati, Palangka Raya, mengatakan bahwa untuk menyewa mobil memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, agar bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan baik dari kapasitas hingga biaya

Dia mengatakan bahwa sejak dua minggu menjelang tahun baru, dirinya telah memesan kepada pihak jasa penyewaan mobil, agar bisa disiapkan satu mobil yang sesuai.

"Saya menyewa mobil untuk satu minggu, khusus membawa istri dan dua anak serta keponakan untuk merayakan tahun baru di luar kota. Dua hari sebelum tahun baru kami akan berangkat untuk menghindari kemacetan di jalan raya," katanya.

Ia menambahkan, kalau menggunakan jasa angkutan trevel atau bus, menurutnya dana yang dikeluarkan kurang lebih sama dengan menyewa satu mobil.

"Total keluarga saya ada enam orang, jika Rp150 ribu per orang setiap kursi travel, biayanya total pembelian tiketnya juga lumayan. Makanya saya pilih sewa sehingga nanti usai liburan sekalian mampir di kampung," katanya.
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019