Jakarta (ANTARA) - Suzuki menghadirkan varian pertama Baleno di Indonesia dengan model sedan, dan kini berubah menjadi city car (hatchback) setelah 23 tahun berkiprah di pasar otomotif nasional.

Mengaspal pertama kali pada 1996, Baleno hadir sebagai estafet Suzuki Esteem yang menyasar konsumen kalangan muda.

Suzuki Baleno sedan sudah mengusung desain kompak dengan mesin 1.600cc 4 silinder, dengan Honda Civic Ferio dan Toyota Corolla sebagai pesaingnya.

Empat tahun kemudian, Suzuki menyegarkan Baleno dengan sebutan "Baleno Millenium" dengan perubahan lampu depan, grille lebih besar, dan kapasitas mesin menjadi 1.500 cc.

Pada 2003, Suzuki mengubah skema Baleno menjadi Baleno Next-G yang memakai Suzuki Aerio.

Pada 2008 Suzuki melahirkan Neo Baleno. Sayangnya mobil dengan desain lebih besar itu hanya bertahan dua tahun karena pada 2010 Suzuki menghentikan penjualannya.

Baca juga: Berapa ongkos perawatan Suzuki Baleno?

Baca juga: Ada aksesori tambahan untuk Suzuki Baleno


Setelah berpuasa tujuh tahun, Suzuki menghadirkan Baleno versi city car pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil itu bersaing dengan sendiri di Suzuki, yakni Swift.

Baleno Hatchback mengusung bahasa desain sporty namun elegan untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan. Interior mobil sudah dilengkapi climate control digital, layar infotainment, panel layar informasi konsumsi bahan bakar, serta parameter tenaga dan torsi.

Public Relation, Baleno Club Indonesia, Wendhy mengtakan para member dari Baleno Club Indonesia (BCI) yang sebelumnya menggunakan Baleno sedan, banyak yang beralih menggunakan Baleno Hatcback sebab desain yang lebih sporty.

"Rata-rata member pada upgrade ke Baleno Hatchback, karena nyaman dipakai serta desainnya leboh sporty tapi lebih ke arah family gitu," jelas Wendhy kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Baleno Hatchback memakai mesin K14B 1.373 cc 4 in-line, dengan tenaga sebesar 92.4 Ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 130 Nm pada 4.200 rpm.

Suzuki Baleno Hatchback GL AT dibanderol Rp230.5 juta sedangkan Suzuki Baleno Hatchback GL MT dijual dengan harga Rp218 juta.

Baca juga: Suzuki lampaui target penjualan di GIIAS Surabaya 2019

Baca juga: Terinspirasi burung, pesaing Baleno dari Tata Motors dinamai Altroz

Baca juga: Tata Motors siapkan kompetitor Suzuki Baleno, begini tampilannya

 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019