Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, meraih penghargaan Democracy Figures dari MoeslimChoice Award 2019, yang diberikan atas kiprahnya sebagai mantan jurnalis yang saat ini dipercaya sebagai wakil rakyat di DPR.

"Alhamdulillah, saya menerima penghargaan Democracy Award 2019 bersama dengan Pak Jusuf Kalla yang mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award," kata dia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat. 

Ia mengatakan capaian itu suatu kebanggaan berlatar dia bisa diberi kepercayaan dan penghargaan tersebut.

Ia merasa bangga telah dilahirkan sebagai seorang muslim dan putri Tanah Air Indonesia dan nilai-nilai Islam yang dianutnya bisa diterapkan di negara demokratis yang memiliki keanekaragaman suku, ras dan agama.

"Demokrasi inklusif yang melibatkan semua, yang menganggap semua orang setara, yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap insan manusia, termasuk perempuan," ujarnya.

Politisi Partai Golkar tersebut juga menilai prinsip-prinsip kesetaraan dalam demokrasi itu banyak menyerap dari nilai-nilai Islam misanya tentang kesetaraan.

Karena itu dia sebagai seorang muslimah bangga menjadi salah satu produk demokrasi yang selaras dengan Islam di Indonesia.

Sebelumnya dia juga dinobatkan sebagai Tokoh Pers Inspiratif Indonesia versi Mizan.

Acara pemberian penghargaan Democracy Award 2019 itu bertemakan "Umat Bersatu, Negara Maju", memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh nasional, tokoh politik, serta tokoh agama di Indonesia. Acara itu digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), pada Kamis (12/12).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019