Jakarta (ANTARA) - Setelah hadir selama satu dekade di pasar mobil paling penting di dunia, Kia telah mencatatkan produksi kumulatifnya di pabrik Amerika Serikat yang sampai saat ini telah melampaui tiga juta unit.

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Rabu, Kia berinvestasi untuk pabrik di AS ini mencapai angka 1,2 miliar dolar AS, pabrik yang berdiri di Georgia adalah pabrik ketiga yang berada di luar negeri setelah Cina dan Eropa. Pabrik AS mulai berproduksi pada November 2009.

Pabrik yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 340.000 per tahun ini sudah memproduksi sedan K5, Sorento dan juga Telluride yang menjadi andalan penjualan Kia di pasar Amerika Serikat.

Kia telah menjual lebih dari 513.605 kendaraan di pasar AS pada periode Januari-Oktober, angka penjualan itu naik sekitar 3,3 persen dari tahun sebelumnya.

Tiga model yang dirakit di pabrik Georgia menyumbang 40 persen dari keseluruhan penjualan perusahaan di AS dalam 10 bulan pertama.

Untuk memenuhi adanya peningkatan permintaan untuk Telluride, Kia berencana akan meningkatkan volume produksi SUV andalannya itu menjadi lebih dari 80.000 unit tahun ini yang sebelumnya hanya memproduksi 60.000 unit.

Kia meluncurkan Telluride di AS pada bulan Februari tahun ini, dan hanya dijual di pasar Amerika Utara.


Baca juga: Kia Telluride raih penghargaan SUV terbaik 2020 di Amerika Serikat

Baca juga: Kia jual 15 juta SUV dan Minivan di pasar global

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019