Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menganggap komunitas pengguna kendaraan yang tergabung dalam Toyota Owner Club (TOC) sebagai bagian internal yang tak bisa dipisahkan dengan perusahaan.

"Komunitas enggak bisa disebut lagi sebagai eksternal. Jadi mereka sudah seperti internal bagi kita. Kalau kita ada informasi produk kadang kita informasikan ke mereka supaya bisa memberikan input," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, dalam kegiatan Jamboree Komunitas TOC, di Jakarta, Minggu.

Anton mengatakan saat ini TOC memiliki sekitar 30 ribu lebih anggota sejak pertama kali dibentuk 12 tahun silam. Perkembangan para komunitas ini pun semakin pesat setiap tahunnya.

Baca juga: Toyota jamboree 2019 usung tema "Break The Impossibilities"

Baca juga: DWP cara Toyota dekatkan Yaris dengan milenial


Selain itu, para komunitas ini juga rutin menggadakan kegiatan yang saat ini sifatnya jauh lebih beragam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jauh lebih progresif lagi ya. Kalau dulu sifatnya lebih banyak kegiatan touring, kumpul-kumpul. Sekarang mereka juga kasih banyak masukan buat kita juga, terus ada CSR jadi aktivitasnya lebih kuat lagi," ujarnya.

Dari segi kreativitas, menurut Anton, para komunitas ini juga sangat kreatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang ada.

"Bedanya dengan yang dulu mungkin kreativitas ya, sekarang apalagi ada sosial media. Mereka masuk Instagram, YouYube, saya rasa menarik sekali," tutur Anton.

PT TAM terus berkomitmen mendukung para komunitas untuk terus berkembang, salah satunya dengan rutin mengadakan kegiatan yang bersifat edukasi sekaligus mempererat keakraban antara komunitas pemilik mobil Toyota yang tergabung dalam TOC.

"Harapannya (komunitas) bisa tumbuh terus, bisa berkomitmen. Terutama menyebarkan safety driving. Kedua mereka tetap menggalakan touring bersama CSR juga. Ketiga menjadi sarana input buat Toyota mengenai produk kita dan menjadi duta bagi produk kita," imbuhnya.

Baca juga: Produksi mobil listrik lokal, apa saja yang perlu diperhatikan?

Baca juga: Selain SUV, ini mobil yang akan jadi tren 2020 di Indonesia

Baca juga: Toyota akhiri 1.000 km "5 Continents Drive Asia 2019-2020" di Surabaya

Pewarta: Y014
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019