Jakarta (ANTARA) - PT Michelin Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polri dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan edukasi keselamatan berkendara melalui program Michelin Safety Academy (MSA) 2019 bertema "Inspiring Mobility".

"MSA 2019 'Inspiring Mobility' merupakan kampanye multi-dimensi yang fokus pada perubahan perilaku yang menjunjung tinggi keamanan, bertanggung jawab bahkan menginspirasi dengan tujuan menghadirkan mobilitas yang lebih baik dan mewujudkan keselamatan untuk semua," kata Interim President Director Michelin Indonesia Steven Vette dalam keterangannya, dikutip Minggu.

Kegiatan yang berjalan keenam kalinya itu, menyasar sekolah-sekolah dengan melibatkan kurang lebih 500 pelajar serta staf pengajar dari 20 sekolah yang tersebar di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Michelin buka kompetisi modifikasi sepeda motor

Baca juga: Michelin kembangkan ban tanpa udara, bakal diuji Chevrolet Bolt


Kampanye ini mengusung berbagai inisiatif perilaku berkendaran yang labih baik, mengedukasi pelajar dan memberikan pelatihan mengemudi kepada pelajar yang ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Michelin sebagai produsen ban juga memberikan edukasi mengenai pentingnya ban sebagai bagian dari aspek keselamatan berkendara. Para pengendara wajib memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi dan komponen kendaraan maupun perilaku berkendara.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Marketing Consumer Product Michelin Indonesia, Roslina Komalasari menambahkan "Michelin memiliki kepedulian dan perhatian yang besar terhadap keselamatan para pengendara muda dan pemula."

"Ke depan, pengemudi muda yang lulus dari Michelin Safety Academy diharapkan menjadi pelopor keselamatan dan menginspirasi teman-teman mereka dan sekitarnya untuk menjadi Pengemudi yang Bertanggung Jawab," tambah Roslina.

Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, AKBP Aldo Siahaan, S.IK menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Michelin dalam memperkuat inisiatif keselamatan jalan di Indonesia, terutama mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengemudi muda.

"Berkomunikasi dengan remaja secara langsung telah menjadi kunci keberhasilan kampanye keselamatan berkendara Michelin, "tambah Aldo.

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri, selama paruh pertama 2019, tercatat 32.403 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang menyebabkan 6.941 kematian.

Dari jumlah tersebut, terdapat sejumlah besar kasus yang melibatkan pengemudi usia muda dengan rentang usia 15-24 tahun.

Rangkaian program MSA 2019 berlangsung mulai dari 30 October-23 November 2019 terdiri dari tiga tahap. Pada tahap pertama, akan dilakukan roadshow dan seminar berupa pembekalan dan latihan berkendara yang dibawakan oleh tim IMI di Pusdiklantas Serpong.

Di tahap berikutnya, dilakukan proses seleksi, dimana peserta terpilih dapat ambil bagian dalam sekolah mengemudi Michelin Indonesia untuk menerima pelatihan mengemudi yang dilanjutkan dengan pelaksanaan uji SIM di SATPAS Daan Mogot pada 16 November 2019.

Program tersebut akan ditutup dengan acara wisuda dan penandatangaan deklarasi keselamatan berkendara dan penyerahan SIM secara simbolis pada tanggal 23 November 2019.

Baca juga: GP Argentina akan uji ketangguhan ban MichelinBaca juga: Menperin resmikan pabrik karet sintetis ramah lingkungan

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019