Jakarta (ANTARA) - Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menegaskan fungsi DPR sebagai pengawas jalannya pemerintahan saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu.

"DPR itu memang secara keseluruhan adalah penyeimbang pemerintahan yang mengontrol jalannya pemerintahan. Namun anggota DPR yang ada fungsionarisnya di kabinet akan bertindak berbeda seperti kami PKS yang di kabinet tidak ada," kata Sohibul dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Sohibul saat menerima kunjungan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, di Kantor DPP PKS, Jakarta.

Baca juga: NasDem-PKS bersepakat perkuat fungsi "check and balance" di DPR
Baca juga: Nasdem kunjungi PKS, PDIP tak mau mencampurinya


Sohibul Iman menjelaskan dalam sistem presidensil, rakyat memberikan mandat kepada dua pihak sekaligus yakni Presiden melalui Pemilu Presiden (Pilpres) untuk menjalankan pemerintahan dan kepada anggota DPR untuk mengontrol jalannya pemerintahan.

Dia pun menilai, Partai NasDem jika bersikap kritis tentu tetap akan pada kesadaran penuh bahwa mereka juga adalah bagian dari koalisi pemerintahan.

"Lain halnya dengan sikap kritis PKS yang sepenuhnya berada di luar pemerintahan. Kalaupun nanti Bang Surya (Paloh) dan para kadernya kritis atas pemerintahan, saya kira tetap pada kesadaran NasDem ada di dalam pemerintahan, tentu berbeda dengan kritiknya PKS," ujarnya.

Kedatangan pimpinan Partai NasDem tersebut disambut langsung Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al Jufri, Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Suharna Surapranata, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Sekjen Mustafa Kamal dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Dalam kunjungan tersebut, Surya Paloh didampingi Sekjen Partai NasDem yang juga Menkominfo Johnny G Plate, Ketua DPP Partai NasDem yang juga Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

Baca juga: Tanda-tanda 2024, Zulkifli: PDIP dan Gerindra, NasDem ke PKS

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019