Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pembiayaan otomotif Adira Finance menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) di Pasar Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, pada 19-20 Oktober 2019.

Festival Pasar Rakyat diharapkan dapat menjaring 2.000-2.500 orang pengunjung yang melibatkan 20 komunitas lokal, dengan menyasar generasi muda guna menuangkan kreativitasnya. Acara itu juga dihelat sebagai program menyambut hari jadi Adira Finance ke-29 pada bulan depan.

Kepala Wilayah Area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang Adira Finance, Krisdianto, menekankan bahwa acara ini menjaring mitra komunitas lokal agar bersama-sama mengoptimalkan potensi pasar.

"Semoga dengan diselenggarakan Festival Pasar Rakyat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat akan potensi pasar rakyat, yang tidak lagi hanya menjadi tempat transaksi jual beli semata namun ruang publik yang kreatif," kata Krisdianto dalam keterangannya, Minggu.

Adira Finance sebagai lembaga pembiayaan otomotif yang sahamnya dimiliki oleh Bank Danamon juga dapat mengedukasi pedagang pasar mengenai literasi keuangan.

"Ada literasi keuangan untuk warga pasar. Literasi pasar ini menekankan cara pengelolaan uang kepada pedangang. Kalau mereka mencari alternatif pembiayaan, jangan sampai salah arah," kata dia.

Adapun program yang ditawarkan pada FPR Pasar Cileungsi antara lain lokakarya dan diskusi,pagelaran busana, bank sampah, pameran seni, mural, kotak main anak, standup komedi, hingga bazaar.

Berkat kerja sama dengan pemerintah setempat, maka ada juga layanan pembuatan KTP-E dan SIM.

"Harapan kami kegiatan ini berkesan baik bagi pengelola pasar, komunitas pedagang, pengunjung, maupun seluruh peserta yang meramaikan, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke pasar rakyat," tutup Krisdianto.

Festival Pasar Rakyat 2019 diadakan di lima kota besar Indonesia antara lain 4-6 Oktober di Pasar Salaman Kabupaten Magelang, 19-20 Oktober di Pasar Cileungsi Bogor, 26-27 Oktober di Pasar Dasan Agung Mataram, 2-3 November di Pasar Dahlia Pontianak dan 9-10 November di Pasar Badung Denpasar.

Baca juga: Festival pesona Adira Finance Makassar suguhkan kekayaan budaya lokal
Baca juga: Adira Finance akan promosikan kearifan lokal Sulsel melalui festival
Baca juga: "Festival Pesona Lokal 2019" dikemas dalam karnaval budaya

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019