Jakarta (ANTARA) - Ford Australia telah bekerja sama dengan Herrod Performance, distributor terbesar Ford Performance Parts di luar Amerika Utara, untuk memproduksi Mustang R-Spec yang hanya dibatasi sebanyak 500 unit.

Edisi khusus dari populer muscle car, Mustang R-Spec ditujukan khusus untuk pasar Australia yang akan dijual melalui dealer Ford. Masing-masing akan di banderol dengan harga mulai dari 99.980 dolar Australia dan akan tersedia untuk pre-order mulai 10 Oktober, dengan pengiriman dimulai awal tahun depan.

"Kami telah bekerja keras dengan Kinerja Herrod untuk mengirimkan Mustang yang sangat mahal kepada pelanggan Australia," kata CEO dan Presiden Ford Australia dan Selandia Baru, Kay Hart yang Dikutip dari CarsCoops, Jumat.

Mustang R-Spec ini menggunakan mesin 2.3B empat silinder turbocharged, EcoBoost, dan V8 GT 5.0 liter yang disedot secara alami, edisi terbatas ini ditenagai oleh versi V8 supercharged yang dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Kendati demikian, Ford masih belum merilis angka pasti kinerja muscle car ini, meskipun Ford mengatakan itu akan jauh lebih kuat daripada Mustang Bullitt yang mempu8nyai tenaga 345 kW (469 PS / 462 hp). Muscle car ini dipercaya akan memiliki tenaga 520 kW atau 700 hp yang akan menjadikannya mobil paling kuat yang pernah dijual Ford di Australia.

"Dengan bekerjasama dengan Herrod Performance, kami dapat membawa Mustang edisi khusus ini kepada pelanggan Australia melalui jaringan diler kami yang luas," kata Kay Hart.

Dibandingkan dengan GT biasa, Mustang R-Spec yang baru berada 20 mm lebih rendah ke permukaan tanah dengan pegas yang lebih pendek, muscle car ini dilengkapi dengan suspensi MagneRide standar, sebuah sistem yang dapat menyesuaikan laju peredaman 100 kali per detik. Untuk menikung yang lebih baik, bilah stabilizer yang lebih tebal dan dapat disesuaikan telah ditambahkan di bagian depan dan belakang.

Mobil ini juga dilengkapi sistem knalpot Herrod Performance yang unik, dengan mode Quiet, Normal, Sport dan Race Track, dan menggunakan velg Ford Performance 19-inci, bersemayam di ban Michelin Pilot Sport 4S. Setiap mobil juga akan diberi nomor individual dan dihiasi dengan decal khusus.

Perlengkapan standar juga hadir, seperti sistem hiburan SYNC3 dengan integrasi smartphone, sistem navigasi satelit, kontrol iklim, dan audio premium B&O. Kursi sport, roda kemudi 3-spoke, dan klaster instrumen digital 12,4 inci juga disertakan.

Dari segi keselamatan Mustang R-Spec juga menghadirkan pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki, peringatan keberangkatan jalur dengan lane keep assist, kontrol jelajah adaptif, dan lampu depan self-leveling.


Baca juga: Ford kenalkan Mustang paling bertenaga dari yang pernah ada

Baca juga: Seorang anak beli kembali Ford Mustang yang dijual ayahnya 17 tahun lalu

Baca juga: Jam tangan REC P-51 RTR ini dibuat dari komponen mobil Ford Mustang

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019