Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co dan perusahaan afiliasinya Kia Motor Corp, pada Rabu (02/10), mengaku penjualan kendaraan mereka di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan hingga 11 persen sepanjang September 2019.

Menurut data penjualan perusahaan, Hyundai dan Kia hanya menjual sekitar 96.570 kendaraan gabungan di AS pada September. Angka itu turun dari 108.443 unit pada September 2018.

"Penjualan kendaraan utilitas Palisade Hyundai dan Kia's Telluride SUV masih pada tahap awal di pasar AS. Mereka akan membantu meningkatkan penjualan di AS pada kuartal keempat," kata seorang juru bicara anonim perusahaan yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Kamis.

Sementara, data penjualan Hyundai dan Kia di AS naik tiga persen menjadi 473.784 unit dalam sembilan bulan pertama dari 459.978 pada periode 2018. Permintaan yang meningkat itu dilatarbelakangi kehadiran Palisade Hyundai dan SUV Kia Telluride.

Baca juga: Hyundai-KNHP akan daur ulag baterai mobil bekas

"Dengan model-model baru dan segar Kia yang diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kami yakin momentum positif dan peningkatan pertimbangan merek akan terus berlanjut hingga kuartal keempat dan memasuki tahun baru," kata Wakil Presiden Bill Peffer yang bertanggung jawab atas operasi penjualan di Kia Motors America mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Hyundai dan Kia, yang bersama-sama membentuk produsen mobil terbesar kelima di dunia berdasarkan angka penjualan, telah menjual 5,27 juta unit gabungan dalam sembilan bulan pada 2019. Tapi, angka itu turun tiga persen dari 5,44 juta unit pada periode yang sama pada 2018.

Keduanya punya target mencapai penjualan 7,55 juta kendaraan pada 2019.

Baca juga: Grup Hyundai gandeng startup Irlandia untuk platform swakemudi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019