Jakarta (ANTARA) - Google dikabarkan segera meluncurkan fitur Live Caption yang sebelumnya telah diumumkan dalam ajang pengembang Google I/O pada Mei lalu.

Google pada saat itu menyebut bahwa fitur, yang mampu mentranskripkan audio menjadi subtitle dan menempatkannya di layar, itu akan hadir bersama ponsel tertentu, dan menjalankan Android 10.

Baca juga: Google luncurkan ponsel murah Pixel 3a

Baca juga: Takut bocor lagi, Google beberkan tampilan Pixel 4


Mengingat peluncuran Google Pixel 4 dijadwalkan akan terjadi dalam dua minggu ke depan, ponsel tersebut diperkirakan menjadi salah satu perangkat yang akan dibekali fitur tersebut.

Tangkapan layar dari APK yang belum dirilis, dikutip dari GSM Arena, Rabu, mengungkap cara kerja pengaturan yang cukup mudah.

Dari tangkapan layar tersebut, saat ini, fitur tersebut hanya bekerja dalam bahasa Inggris, namun “segera hadir” dalam lebih banyak bahasa.

Fitur tersebut akan ditemukan di menu Aksesibilitas, namun pengguna juga dapat mengaksesnya melalui panel Suara.

Pengguna bahkan dapat menutupi kata-kata kotor dalam Live Caption — sensor ini ditandai dengan bintang.

Hasil tangkapan layar juga menunjukkan bahwa fitur tersebut juga bekerja untuk aplikasi YouTube, Google Photo, Amazon Prime Video, dan Netflix.

Google mengatakan tindakan pada fitur tersebut dilakukan secara offline, dan tidak ada audio yang disimpan.

Belum diketahui apakah fitur tersebut akan berfungsi pada Spotifiy untuk memberikan lirik yang tepat pada lagu yang diputar.

Baca juga: Google akan umumkan Pixel 4 dan 4XL bulan depan

Baca juga: Android 10 rilis 3 September, perdana di Google Pixel

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019