Purwokerto (ANTARA) - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Slamet Rosyadi mengingatkan agar anggota DPR periode 2019-2024 memperjuangkan kepentingan sosial ekonomi masyarakat marjinal dan perdesaan.

"Masyarakat butuh peran DPR untuk mengakomodasi kepentingan rakyat dalam berbagai program pembangunan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: Indef berharap anggota DPR 2019-2024 perkuat keberadaan KPK

Selain itu, dia juga berharap anggota DPR RI yang dilantik pada Selasa ini untuk dapat menghasilkan produk legislasi yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan publik selama masa tugas lima tahun ke depan.

"Kemudian anggota DPR baru juga diharapkan dapat berperan sebagai lembaga kontrol eksekutif," katanya.

Baca juga: IGJ: DPR baru harus kawal perjanjian perdagangan internasional

Selanjutnya, dan yang paling penting, kata dia, adalah DPR baru dapat membuktikan komitmennya dalam upaya pencegahan korupsi.

"Selain itu diharapkan juga tidak pernah mencoba-coba terlibat dalam tindak pidana korupsi," katanya.

Baca juga: DPR RI baru perlu dilengkapi lembaga seperti Kantor Anggaran Parlemen

Sementara itu, MPR RI, DPR RI, dan DPD RI menggelar acara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji anggota baru periode 2019-2024 di Gedung Nusantara hari ini.
Pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Selain itu, acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner KPU.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019