Jakarta (ANTARA) - Jelang pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD RI periode 2019-2024, sejumlah kendaraan tamu undangan mulai tampak ramai memasuki gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pantauan Antara di lokasi, sekitar pukul 06.21 WIB kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor menggunakan pintu belakang gedung DPR di Jalan Gelora untuk masuk ke Gedung Parlemen.

Kondisi sudah tampak ramai oleh kendaraan yang keluar masuk sehingga menyebabkan kepadatan arus lalu lintas di depan gerbang masuk gedung DPR/MPR persis depan Perbakin.

Sementara itu, pintu bagian depan dikhususkan untuk tamu-tamu penting atau khusus, terlihat dari pengawalan yang dilakukan.

Bedanya tamu yang datang ke Gedung Paleman itu menggunakan bus pariwisata, satu rombongan terdiri atas tiga bus yang dikawal anggota keamanan.

Baca juga: MPR, DPR, DPD gelar pelantikan anggota baru

Model pengawalan terlihat di bagian depan mobil patroli disusul dua unit polisi bersepeda motor, lalu tiga unit bus berjalan beriringan, sisi kiri dan kanan sejumlah anggota polisi berpakaian khusus serba hitam lengkap dengan senjata api di lengan, mengawal perjalanan.

Sejak pukul 07.13 WIB, tercatat sudah lebih dari lima gelombang tamu menggunakan bus pariwisata dan pengamanan aparat bermotor masuk ke pintu depan gedung DPR/MPR RI.

Menurut salah seorang petugas Lalu Lintas dari Polda Metro Jaya yang bertugas di depan gedung DPR, pintu depan hanya dibolehkan untuk tamu penting sedangkan pintu belakang dibuka untuk tamu umum.

"Ya, tetap dibuka pintu depan tapi buat tamu khusus, kalau bukan tamu khusus kenapa ada pengawalan," kata petugas itu.

Hingga berita ini diturunkan kendaraan tamu menuju gedung DPR RI masih mengalir selama beberapa menit sekali.

Baca juga: Pelantikan DPR, sisa kericuhan ada di jalan ke gedung wakil rakyat

Sementara itu petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya terlihat berjaga-jaga di jalan menuju pintu masuk DPR RI dan Jalan Tol Dalam Kota dari arah Cawang menuju Tomang.

Petugas melakukan pengamanan jalur mengatur arus lalu lintas dan juga memeriksa sejumlah kendaraan yang melintas yang dianggap mencurigakan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI, periode 2019-2024 dijadwalkan akan menjalani proses pelantikan di Gedung Nusantara Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI pada Selasa (1/10), mulai pukul 10.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 11.40 WIB.

Pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung serta dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Mulan Jameela ditemani dua anak hadiri pelantikan DPR

Sebagaimana diketahui jelang pelantikan DPR, MPR dan DPD RI ini, dalam satu minggu terakhir telah terjadi demo yang diinisiasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Mereka menuntut tujuh hal dengan tuntutan utama menolak RKUHP, RUU Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan.

Selain itu mereka mendesak Revisi UU KPK dan UU SDA dibatalkan serta disahkannya RUU PKS dan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019