Jakarta (ANTARA) - Komunitas MotorBaik, kelompok selebritas yang hobi bertualang dengan sepeda motor, akan menjelajah ke Indonesia Timur sejauh 1.000 kilometer pada 28 September hingga 5 Oktober 2019 demi menunaikan misi kemanusiaan.

"Kami menuju kawasan timur untuk meneruskan misi kami, agar gerakan MotorBaik bisa menyebar luas ke seluruh nusantara," kata inisiator MotorBaik Ananda Omesh di Jakarta, Selasa.

Ananda Omesh mengatakan deretan publik figur yang terlibat antara lain Tora Sudiro, Imam Darto, David John Schaap, Denny Chasmala, Erix Soekamti, Prisia Nasution, Eddy Brokoli hingga Isa Bajaj.

MotorBaik sebelumnya sudah menuntaskan perjalanan ke beberapa kota di Indonesia untuk berbagi pengalaman dengan cara mengajar di kota tujuan mereka. Pada 2016, MotorBaik mampir untuk mengajar di sekolah dalam perjalanan Jakarta-Yogyakarta. Pada 2017 dari Yogyakarta ke Bali untuk mengunjungi tokoh inspiratif. Kemudian pada 2018, mereka ikut membantu korban gempa Lombok.

Sedangkan pada 2019, mereka akan berkonvoi dari Labuan Bajo, Bajawa, Ende, Maumere, Larantuka, Kupang hingga Atambua, menggunakan berbagai jenis motor.

Baca juga: Lakukan safety riding ini sebelum "touring" jarak jauh

"Sambil menikmati pesona alam, kami juga harus menguasai motor, kerja sama dengan tim demi mewujudkan how to be good in society dan to be a good riders," kata Omesh.

Aktor Tora Sudiro yang hobi bermotor mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk rencana perjalanan itu, melainkan "hanya meminta izin kepada istri."

"Kemarin minta izin istri, pas dikasih izin, rasa senangnya terasa dari kaki hingga kepala," ujar Tora sembari bercanda.

Sedangkan Imam Darto memastikan kesiapan berbagai keperluan untuk perjalanan itu, mulai dari jaga kondisi fisik, juga surat-surat kendaraan.

"Namanya MotorBaik, jadi kami harus menjadi sosok yang baik dalam bermotor. Surat-surat kami sudah selalu siap," kata Imam.

Baca juga: Rayakan HUT RI, komunitas Yamaha NMax dan XMax "touring" kemerdekaan

Perjalanan bertajuk "Enduro MotorBaik Adventure 2019" didukung oleh Pertamina Enduro dan disokong Pegadaian Persero, JNE, ASPD Ferry Indonesia, Kawasaki, Royal Enfield dan BMW Motorrad.

Andria Nusa selaku Direktur Pemasaran dan Penjualan Pertamina Lubricants, selaku penyelenggara kegiatan itu mengatakan perjalanan yang dilakukan selebritas itu tidak hanya ditujukan untuk berbagi kebaikan, melainkan dapat menguji ketahanan oli Pertamina Enduro.

"Kami mendukung kegiatan positif anak muda, agar mereka tidak hanya bisa menebar kebaikan tapi juga merasakan pelumas Enduro untuk perjalanan panjang," kata Andria.

Para selebritas itu tidak hanya akan menggunakan motor besar dalam berpetualang melainkan juga memakai sepeda motor berkapasitas kecil misalnya 150cc dan skuter klasik Vespa.

Baca juga: Ini tip Darius dan Donna untuk "touring" jarak jauh dengan motor

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019