Jakarta (ANTARA) - PT Volvo Trucks Indonesia tidak memasang target untuk truk terbarunya FM 440 6x2T yang baru diluncurkan, mengingat pasar truk Eropa di Indonesia sangat kecil.

"Kita tahu untuk truk Eropa itu pasarnya masih kecil di Indonesia, kita pun realistis apa lagi ini sebuah konsep baru sehubungan dibukanya Trans Jawa dan Trans Sumatera," kata Presiden Direktur PT Indotruck Utama, Bambang Prijono disela-sela peluncuran FM 440 6x2T di Jakarta, Rabu (11/9).

Menurut Bambang, fokus Volvo adalah mengenalkan truknya ke perusahaan-perusahaan logistik yang melayani angkutan jarak jauh.  Saat ini, ujarnya, sudah pihak yang memesan kendaraan berat berfitur canggih itu.

"Truk yang dipamerin ini sebenarnya sudah ada yang punya, dan kami juga sudah ada beberapa pemesan lain di luar ini," ujar Bambang.

Bambang juga menambahkan bahwa, Volvo tidak pernah membedakan antara kendaraan kelas tertinggi dan varian biasa saja. Hal itu guna memberikan kenyamanan bagi setiap pelanggannya yang memiliki kebutuhan berbeda.

"Kita di Volvo tidak membedakan dari entry, eco dan luxury. Kita hadirkan semuanya truk yang premium karena itu di segmen mining yang off-road maupun yang on-road semuanya kita lengkapi dengan fitur-fitur yang canggih di setiap kendaraan berat kami," tambahnya.

Volvo FM 440 6x2T dibanderol mulai dari Rp1,35 miliar, dengan sejumlah fitur unggulan di antaranya untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

"Fitur dari kendaraan baru kami ini banyak sekali keunggulannya dibandingkan dengan yang lain, salah satunya tranmisi I-save yang berguna sekali untuk meningkatkan penghematan bahan bakar kemudian fitur safety kami juga sudah ungggul dengan kompetitor kami yang lain," ujarnya membeberkan.

Kendaraan tersebut juga dilengkapi dengan fitur keselamatan Electronic Brake System (EBS), Traction Control System (TCS) dan Anti Lock Brake System (ABS).

Kemudian, Electronic Stability Program (ESP), lINING Wear Sensing (LWS), Lining Wear Control (LWC), Differential Lock Syncronise (DLS), dan Differential Lock Control (DLC).

"Kami senang dapat menyemarakkan industri logistik di Indonesia dengan menghadirkan varian truk terbaru kami, yang kami sebut dapat menghemat bahan bakar serta memberikan solusi terbaik bagi pebisnis yang ada di Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Volvo kenalkan truk FM 440 6x2T seharga Rp1,3 miliar
 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019