Jakarta (ANTARA) - Baran Energi yang didirikan anak muda milenial menyatakan kesiapannya berperan terkait dengan rencana Presiden RI Joko Widodo untuk membangun ibu kota baru yang mengusung konsep modern, smart, dan green.

"Presiden ingin menggunakan energi baru dan terbarukan serta tidak bergantung pada energi fosil untuk ibu kota baru. Untuk itu, kami siap untuk mewujudkan," kata CEO Baran Energy Victor Wirawan di Jakarta, Kamis, yang dikenal dengan inovasinya tarif listrik 1 rupiah.

Jokowi menegaskan bahwa ibu kota baru di Pulau Kalimantan ini dirancang bukan hanya sebagai simbol identitas negara, melainkan juga representasi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada realisasinya nanti, dia mendorong partisipasi swasta, BUMN, maupun skema kerja sama pemerintah badan usaha.

Baca juga: Konsep Ibu Kota Pemerintahan RI di Kalteng "green and smart city"

Menanggapi hal itu, Victor Wirawan, CEO & Founder Baran Energy, cukup antusias. Pasalnya, saat ini dia bersama puluhan anak milenial sedang mengembangkan teknologi EBT ramah lingkungan yang dinamakan PowerWall, energy storage system berkapasitas 8.8 kw.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga sedang menyiapkan pengembangan baterai dengan skala yang lebih besar, yaitu PowerPack 126 mb dan PowerCube 1.2 mWh.

Selain untuk rumah tinggal, real state, dan industri, kata Victor Wirawan, baterai ini juga bisa difungsikan sebagai komponen utama mobil listrik. Suatu saat penggunaan mobil listrik akan masif. Begitu pula, pemakaian baterai listrik dan solar panel di rumah-rumah akan masif.

"Jika itu terjadi, era bebas polusi udara dan green city sudah dimulai,” katanya.

Untuk mendorong percepatan pemakaian baterai listrik dan solar panel demi mewujudkan kota yang bersih dan bebas polusi, pihaknya telah menyiapkan skema pembayaran Rp1,00 (satu rupiah) dan cicilan panjang hingga 10 tahun.

Baca juga: Sandiaga ingin Jakarta menjadi "Green City"

“Bukan hanya itu dengan program Rp1,00, masyarakat juga bisa mendapatkan uangnya kembali 100 persen setelah pemakaian sekian tahun,” pungkas Victor

Untuk makin memperkenalkan dan menyosialisasikan pemakaian teknologi yang mampu menekan pemakaian listrik konvensional ini, Baran Energy akan menyambangi Surabaya pada tanggal 5 September mendatang.

“Sebelumnya, kami sudah menyosialisasikan dan memperkenalkan produk ini ke warga Jakarta dan Bandung. Pada tanggal 5 September mendatang, kami akan menyambangi Kota Pahlawan (Surabaya) bertempat di CGV Marvell City Surabaya mulai 09.30,” tutur Victor.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019