Jakarta (ANTARA) - Master Scooter Special Package yang diuji pada kendaraan Yamaha NMax dari Jakarta menuju Bogor, Jawa Barat pada 16-17 Agusuts 2019 memberikan hasil positif berupa tambahan tenaga sekitar 0,2 hp dan torsi 0,2 Nm.

Hasil itu didapat saat rombongan wartawan melakukan perjalanan sejauh 66 km untuk menguji Master Durability SAE 10W-40 1 Liter, Master Engine Treatment dan Master Gear Oil GL-5 SAE 80W-90.

Pada Yamaha NMax yang belum menggunakan Master Metal Treatment hanya menghasilkan tenaga 14,9 hp pada putaran 7.530 rpm, untuk torsi maksimal diangka 14,3 Nm pada putaran 7.290 rpm.

“Jadi kami menggunakan Master Durability SAE 10W-40 kemasan satu liter dan menyesuaikan spesifikasi agar sesuai dengan piston forged yang digunakan Yamaha. Plus, memadukan Master Gear Oil dengan Master Metal Treatment agar volume oli gear di Yamaha NMax terpenuhi,” ungkap Promotion Manager PT Autochem Industry, Peter Dionisius di Jakarta.

Baca juga: Motul janjikan pelumas mineral untuk motor matik
 
Master Scooter (ANTARA News/Chairul Rohman)


Master Durability diperuntukkan untuk mengakomodir kebutuhan mesin terhadap perbedaan material piston yang digunakan produsen mobil. Proses pembuatan piston terbagi menjadi dua, piston casting (cetak) dan piston forging (tempa).

Kedua piston itu yang nantinya akan menentukan clearance (celah) dengan dinding silinder. Untuk itulah Master Durability tersedia dengan SAE 10W-30 dan SAE 10W-40.

Master Engine Treatment merupakan paket produk perawatan mesin yang terdiri dari Master Petrol Injector, Master Oil System Cleaner dan Master Metal Treatment. Ketiga produk ini memiliki peran berbeda untuk menghasilkan performa mesin optimal.

Master Petrol Injector bertugas membersihkan sumbatan sulfur di injektor dan mengikat air di dalam tangki bensin sehingga dapat terbakar, sedangkan Master Oil System Cleaner berperan membersihkan residu oli mesin agar dapat turut terbuang saat penggantian oli mesin dan Master Metal Treatment yang menjadi solusi untuk peningkatan performa dari mesin kendaraan.

Baca juga: Rayakan HUT RI, komunitas Yamaha NMax dan XMax "touring" kemerdekaan

Baca juga: Honda PCX primadona penjualan AHM di IIMS

Baca juga: Yamaha poles Lexi dengan emblem berkelir emas

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019