Pandeglang (ANTARA) - Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas menjadi  pondasi bangsa yang akan menentukan kemajuan dalam segala hal dalam mengisi kemerdekaan.

"Kemerdekaan saat ini merupakan hasil perjalanan panjang perjuangan para perintis kemerdekaan. Sebagai generasi penerus bangsa maka generasi masa kini dapat menghormati kemerdekaan di antaranya dengan meningkatkan kualitas diri, karena SDM akan menjadi pondasi bangsa,"katanya saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Pandeglang, Banten Sabtu.

Menurut Irna, tema Dirgahayu Kemerdekaan kali ini adalah " SDM Unggul, Indonesia Maju". Sejalan dengan tema tersebut, ke depan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mendorong kemajuan bangsa Indonesia.

"Untuk menciptakan SDM berkualitas dimulai dari dalam kandungan, oleh sebab itu tingkat kesehatan dan pendidikan menjadi perhatian pemerintah, dan saat ini di Pandeglang sudah terbangun 599 unit sapras kesehatan," katanya.

Peningkatan SDM dimulai dari sejak dalam kandungan. Oleh sebab itu, ia akan terus gencar menangani dan melakukan pencegahan bayi stunting. "Ini sudah menjadi issue nasional, Ibu hamil akan kami susur untuk memenuhi kecukupan gizinya agar bisa melahirkan bayi yang sehat dan cerdas," tandasnya.

Sejalan dengan kebijakan pusat, maka pada masa jabatannya dirinya sudah menargetkan beberapa program prioritas yang juga merupakan turunan dari visi dan misi.

"Prioritas yang harus dilaksanakan diistilahkan cross cutting issue atau permasalahan lintas sektor yang terdapat 5 prioritas yaitu penanggulangan kemiskinan, pencegahan stunting, terwujudnya mall pelayanan publik, terwujudnya wisata semesta dan peningkatan inovasi desa," ungkapnya

Pewarta: Sambas
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019