Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah pada Minggu secara khusus usai penyelenggaraan Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Bali, pada 8-10 Agustus 2019.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melalui pernyataan tertulisnya, PDI Perjuangan melaksanakan peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah secara khusus dengan pertimbangan:

Pertama, sebagai rangkaian dari puncak penutupan Kongres V PDI Perjuangan, seluruh peserta bersama masyarakat Bali merayakan Shalat Id di Masjid Al Ihsan Sanur. Kedua, semangat Idul Adha digelorakan menjadi semangat berkorban dan berdedikasi bagi rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Menurut Hasto, DPP PDI Perjuangan di Bali, secara simbolis diwakili oleh Prof Hamka Haq, Djarot Syaiful Hidayat dan Achmad Basarah menyerahkan hewan kurban sebanyak 30 kambing dan di DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, mempersembahkan hewan kurban berupa 22 sapi.

Baca juga: Struktur kepengurusan DPP PDI Perjuangan tetap 27 personel
Baca juga: Pengamat: Permintaan menteri dari PDIP akan menyulitkan Jokowi
Baca juga: Keakraban Megawati-Prabowo dinilai bukan tiba-tiba


Tradisi Shalat Id pada Hari Raya Idul Adha, juga terus berjalan di DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakata. "Suatu tradisi yang telah berlangsung lama, puluhan tahun, di mana warga masyarakat sekitar lokasi kantor Partai menyatu dengan para kader PDI Perjuangan," katanya.

Menurut Hasto, Shalat Id di halaman parkir kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakarta yang saat ini dibangun Masjid At Taufiq dikoordinir oleh Baitul Muslimin Indonesia.

Hasto menegaskan, PDI Perjuangan percaya bahwa semangat hubbul wathan minal iman bahwa mengabdi pada Tanah Air merupakan bagian dari iman, muncul dari semangat Islam sebagai rahmatan lil 'alamin bagi seluruh semesta alam dan dibumikan dalam semangat pengorbanan, solidaritas dan perjuangan bagi kepentingan yang lebih besar, yaitu memuliakan dan mengabdi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Selamat Hari Raya Idul Adha, kita doakan kepada seluruh warga Indonesia yang sedang menyelenggarakan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur," katanya.





 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019